Headlines News :

Sidang Tilang Pelanggaran Lantas Dua Minggu Sekali

Written By NTMC on Jumat, 02 Desember 2011 | 20.31

JAKARTA- Mengantisipasi terulangnya kembali antrian yang panjang pada saat sidang pelanggaran lalu lintas di sejumlah pengadilan yang ada di Jakarta, maka sidang tilang akan dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Pada saat operasi Patuh Jaya 2011, ratusan kendaraan berjubel di halaman pengadilan sehingga menghambat arus lalu lintas. Kini pada saat operasi Zebra 2011 yang digelar Polda Metro Jaya, polisi pun sudah mengeluarkan ribuan tilang, sehingga sidang akan dilakukan selasa dan jumat.

"Jadi khusus selama Operasi Zebra Jaya ini, sidang tilang dilakukan dua kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah membludaknya pelanggar yang ingin sidang di pengadilan," jelas Kepala Seksi Penindakkan Pelanggaran Subdit Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Bambang Gunawan, Jumat (2/12/2011) di Jakarta.

Sidang dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dimulai pada minggu ini. Berdasarkan data sementara hasil penindakkan pelanggaran lalu lintas dengan tilang dan teguran simpatik dalam rangka Operasi Zebera Jaya dari tanggal 28 Nopember - 1 Desember 2011, jumlah pelanggaran mencapai 22 158 pelanggaran.

Barang bukti Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang disita 8 986 lembar dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 12 875 lembar.

Jakarta Timur merupakan wilayah paling banyak dilakukan penindakkan dengan 2 810 penilangan. Disusul Jakarta Utara 1 766 penilangan, Tangerang Kota 1 725 tilang, Jakarta Barat 1 289 tilang, Bekasi Kota 1 285 tilang, Depok 1.247 tilang.

Kemudian Tangerang Kabupaten dengan 1 031 tilang, Bekasi Kabupaten 1 013 tilang, Jakarta Pusat 1 009 tilang, Jakarta Selatan 913 tilang. Wilayah Bandara Soekarno Hatta 401 tilang, dan Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan menilang 318 pengendara.

Sedangkan satuan penindakkan lainnya yang turut serta dalam Operasi Zebra Jaya yakni dari Penegakkan Hukum (Gakum) mengeluarkan surat tilang sebanyak 1.923 tilang, Satuan Patroli Pengawal (Sat Patwal) 2.265 tilang, Satuian Penegakkan Pengaturan 2.615 tilang, Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) 548 tilang dan Subdit Dikyasa tanpa hasil penilangan.

Empat Sindikat Pencuri dan Pemecah Kaca Mobil Dibekuk Mapolda Sulselbar

Makassar -Satuan unit opersional Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulselbar berhasil membekuk empat komplotan sindikat pencuri dengan memecah kaca mobil yang sangat meresahkan masyarakat Makassar.

Anggota sindikat yang masuk target operasi polisi sejak empat bulan terakhir, ditangkap di Jalan Toddopuli V dan di Jalan  Sibula Dalam, Makassar, Jumat (2/13) dini hari tadi.

"Kami berhasil meringkus empat komplotan pencuri yang kerap melancarkan aksinya dengan sasaran mobil yang diparkir," tegas Kanit Resmob Polda Sulselbar, Kompol Muh Yadin saat dikonfirmasi, Jumat (2/12/11), siang.

Mereka yang berhasil ditangkap adalah Ramadan alias Randi (16), warga Jalan Tinumbu lorong 132 A, Ihsan alias Iccang (19), warga Jalan Sembilan, Mudding alias Muding (16), warga Jalan Tinumbu lorong 135 C, dan Dwi Adin Primanto alias Adin (19),  warga Jalan Tinumbu dalam lorong 2 nomor 4 Makassar.

Mantan Kasat Reskrim Polres Makassar Timur ini menjelaskan, penangkapan yang dilakukan anggotanya di Toddopuli V dini hari tadi, berdasarkan laporan masyarakat setempat yang menangkap basah Iccank serta Randi usai mencuri dua sepeda merek Polygon serta satu unit laptop milik warga di jalan tersebut.

Sementara kedua pelaku lainnya berhasil dibekuk setelah dilakukan pengembangan dari informasi Iccang dan Randi. "Keduanya ditangkap ditempat terpisah berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan personel Resmob Polda Sulselbar," kata Yadin menerangkan proses penangkapan gembong tersebut.

Keempat spesialis komplotan pencuri dengan aksi memecahkan kaca mobil, kini diamankan di Mapolda Sulselbar untuk dimintai keterangan guna pengembangan selanjutnya.

Selain mengamankan para tersangka, dari tangan pelaku polisi juga berhasil menyita dua unit sepedaPolygon dan satu unit laptop untuk dijadikan sebagai barang bukti.

Kabig Humas Mapolda Sulselbar Kombes Chevy Achmad Sopari yang dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya empat spesialis sindikat pembobol mobil yang diamankan. "Keempatnya kini sementara dimintai keterangan untuk proses lebih lanjut dan mengungkap siapa kaki tangan para pelaku selama ini," ujanrya.

Diketahui, keempatnya seringkali menjalankan aksinya di daerah panakkukang serta daerah yang lainnya. Sasaran para pelakui adalah mobil yang sedang terparkir.

Kapolres Banyumas Pimpin Serah Terima Jabatan Sertijab

PURWOKERTO - Bertempat di lapangan eks Mapolwil Banyumas, Kapolres Banyumas, AKBP Untung Widyatmoko SIK memimpin acara serah terima jabatan (sertijab), Jumat (2/12) pagi. Jabatan yang diserahterimakan adalah kepala satuan lalu lintas, kepala satuan obyek vital dan kepolisian sektor.

Kasat Lantas baru dijabat oleh AKP Chalid Mawardi yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Purbalingga. Dia menggantikan AKP Gusman Fitra SIK yang dimutasi ke Kasat Lantas Polres Semarang.

Adapun jabatan Kasat Obvit baru dijabat AKP Ike Yulianti SIK menggantikan AKP Wahyono yang ditukar tempat tugas menjabat Ka Polsek Banyumas.

Jabatan kapolsek baru diterima oleh AKP Supriyanto SH menjabat Kapolsek Patikraja. Dia sebelumnya menjabat Kasubbag Progar Bagian Rencana Polres Banyumas. Supriyanto menggantikan AKP Antonius Digdo Kristanto yang dimutasi ke Polres Salatiga.

Posisi Kendaraan Bergeser Akibat Derasnya Arus Sungai Mahakam

TENGGARONG - Derasnya arus di Sungai Mahakam membuat posisi kendaraan yang sebelumnya sudah terdeteksi Sonar kembali bergeser. Demikian disampaikan Kapolda Kaltim, Irjen Pol Bambang Widaryatmo, Jumat (2/12/2011).

Sebelumnya, hasil deteksi terhadap posisi kendaraan di dasar sungai yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebutkan terdapat 6 kendaraan yang terserak di sekitar hilir lokasi ambruknya jembatan.

"Nanti kita scaning lagi di mana posisi kendaraan itu, soalnya posisinya sudah bergeser dari posisi kemarin, karena arusnya deras. Tambah jauh dari posisi jembatan tentunya," beber Bambang.

Angkutan Sembako Boleh Melewati Jembatan Kutai Dengan Persyaratan

TENGGARONG - Angkutan sembako dan BBM yang akan melewati sekitar lokasi ambruknya Jembatan Kutai Kertanegara menuju pedalaman Tenggarong dipersilakan. Namun dengan syarat harus membikin surat pernyataan tidak akan menyalahkan aparat jika terjadi sesutu di sungai.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kutai Kertanegara HM Ghufron Yusuf SH MM di Posko Pengendali Operasi, Jumat (2/11/2012). Menurut Gufron, itu merupakan hasil kesepakatan antara Kapolres Kukar, Dandim, Basarnas serta pihak terkait lainnya di Posko Pengendali.

"Keputusan ini dibuat untuk memberikan kemudahan pengangkutan sembako dan BBM ke daerah pedalaman. Mereka bisa lewat tetapi harus membuat pernyataan tidak akan menyalahkan aparat jika terjadi sesuatu," kata Gufron.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena hingga saat ini tidak ada yang berani menjamin bahwa pilar jembatan tidak akan roboh.

"Tetapi di satu sisi kita juga berharap mereka bisa lewat agar di pedalaman tidak terjadi kelangakaan BBM dan sembako," kata Gufron.

Lintas Sumatra, Lampung Tengah Ramai Lancar

LAMPUNG - Arus lalulintas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lampung Tengah, siang ini ramai lancar, Jumat (2/12/2011)

Kendaraan yang melintas dari arah Gunung Sugih dapat melaju dengan lenggang, begitu juga dari arah Terbanggi Besar.

Namun demikian, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan melalui jalur ini, disarankan untuk berhati-hati dan waspada, karena kendaraan yang melintas pada umumnya berkecepatan cukup tinggi.

Kelangkaan BBM Sebabkan Macet dan Penyempitan Jalan

LAMPUNG - Kelangkaan BBM di SPBU tidak hanya membuat kesal para pengendara yang antre, namun juga pengendara kendaraan bermotor yang melintas di Jalan AR Prawiranegara Kota Metro, Jumat (2/12/2011).

Pasalnya, akibat banyaknya kendaraan yang mengantre di SPBU Kauman, jalanan menjadi lebih sempit, dan membuat macet.

Jakarta Timur Tempati Peringkat Pertama Pelanggaran Lalin

JAKARTA- Operasi tertib lalu lintas "Zebra Jaya" telah berlangsung selama lima hari. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melansir hasil penindakan sejak 28 November hingga 2 Desember. Dari hasil tersebut, diketahui Jakarta Timur merupakan wilayah yang menempati peringkat pertama sebagai wilayah dengan pelanggaran lalu lintas terbanyak.

Di wilayah Jakarta Timur, petugas menemukan 2.810 pengendara yang melanggar aturan dalam berlalu lintas. Wilayah Jakarta Utara menempati urutan kedua dengan 1.766 pelanggaran dan Tangerang Kota sebanyak 1.725.

Kendati wilayah lainnya lebih sedikit dibanding tiga wilayah tersebut, namun angka pelanggaran juga terbilang masih tinggi. Hampir semua wilayah didapati pelanggaran di atas 1.000.

Kepala Seksi Penindakkan Pelanggaran Subdit Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Bambang Gunawan mengatakan total penggaran dari seluruh wilayah Jakarta mencapai 22.158 kasus.

Sedangkan barang bukti yang disita, dari seluruh wilayah polisi menyita Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 8.986, STNK pengendara yang disita sebanyak 12.875, kendaraan roda dua sebanyak 253 dan kendaraan roda empat sebanyak 17 unit.

Melihat besarnya angka pelanggaran, bisa dibayangkan ruang sidang di pengadilan akan dipenuhi pelanggar lalu lintas. Polisi sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan menggelar sidak setiap seminggu dua kali.

"Ini untuk mencegah membeludaknya pelanggar yang ingin sidang di pengadilan," kata Bambang di Mapolda Metro Jaya Jumat (02/11/2011).

Pekan ini, sidang tilang terhadap pelanggar lalu lintas operasi "Zebra Jaya" sudah dimulai. Jadwal sidang akan dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di seluruh pengadilan negeri Jakarta.

Bambang juga berharap, dengan dilakukannya sidang dua kali sepekan, kemacetan akibat banyaknya kendaraan pengunjung sidang yang teparkir di jalan bisa berkurang.

14.332 Pengendara Motor Terkena Razia

JAKARTA - Kendaraan roda dua masih saja mendominasi pelanggaran lalu lintas di Jakarta. Hasil sementara per 28 November hingga 1 Desember  2011 operasi lalu lintas Zebra Jaya 2011 memperlihatkan ada 14.332 pengendara roda dua yang ditilang karena melanggar rambu lalu lintas.

Kendaraan umum jenis mikrolet juga ikut menyumbang angka pelanggar lalu lintas. "Ada sekira 3.154 mikrolet yang ditindak," kata Kasi Dakgar Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKP Bambang Gunawan, Jumat (02/12/2011).

Jenis kendaraan lainnya yang melanggar lalu lintas yakni mini bus sebanyak 1.087, taksi 955, truk 718, bus 531, sedan 361, pick up 309, jeep 159 unit.

Herannya, dua kendaraan umum jenis metro mini dan bajai yang dianggap sering membuat macet arus lalu lintas karena banyak ditemukan berhenti disembarang tempat hanya 552 unit yang ditindak.

Itupun hanya metro mini, sementara untuk bajai tidak ditemukan ada yang melanggar. Jenis pelanggaran yang banyak dilakukan adalah melanggar rambu lalu lintas. "Ada 3.288 pelanggaran," cetusnya.

Lawan arus yang semestinya tidak dilakukan pengendara juga banyak ditemukan. Ada 2.932 pengendara yang ditindak. Umumnya, lawan arus dilakukan oleh pengendara roda dua. Operasi Zebra Jaya berlangsung mulai 28 November hingga 11 Desember 2011 mendatang. Operasi ini ditujukan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Baru berlangsung selama lima hari, operasi menemukan 22.158 pelanggaran. Angka tersebut kemungkinan masih akan terus meningkat, mengingat waktu operasi masih tersisa sekira dua pekan lagi.

Dishub dan Polres Sidoarjo Gelar Car Free Day (SCFD)

SIDOARJO-Acara Sidoarjo Car Free Day (SCFD) yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sidoarjo, Polres Sidoarjo dan Harian Surya kian memanjakan warga Sidoarjo untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat.

Program Sidoarjo sehat dan bersih dari asap yang digagas setiap minggu mulai pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB menyajikan tiga acara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo, M Husni Thamrin, tiga acara yang berbeda dengan biasanya adalah Senam Tera, Senam Ling Tien Kung dan lomba layang-layang. Menurut Husni, Senam Tera adalah olah raga pernapasan yang dipadu dengan olah gerak. Tujuan dari senam ini untuk kebugaran.

“Senam Tera mempunyai banyak manfaat yang salah satunya setiap untuk meregangkan otot sebelum melakukan gerakan senam,” tutur Husni Thamrin, Jumat (2/12/2011).

Menurut Husni, Senam Tera dapat diikuti oleh semua orang baik itu anak-anak, dewasa sampai lanjut usia. Gerakan yang mendasari Senam Tera adalah gerak ringan dan lentur, gerak lambat, gerak melingkar serta gerak yang terus menerus dan gerak tidak terputus. “Siapa yang ingin hidup sehat datang ke SCFD,” katanya.

Sementara untuk lomba layang-layang, Dishub Sidoarjo bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Pemkab Sidoarjo. Lomba ini dilakukan di alun alun Sidoarjo sebelah selatan karena lokasinya cukup luas.  Dalam lomba ini, bakal ada penilaian khusus mulai ukuran dan keunikan layang-layang.

“Yang jelas ada door prize dari panitia. Tujuan kami untuk meramikan acara. Selaian menyehatkan masyarakat juga disediakan hadiah,” tutur Husni Thamrin yang pernah menjabat Kepala Bakesbang Linmas.

Selain tiga acara ini, SCFD tetap menyuguhkan berbagai acara menarik lainnya seperti kumpulan sepeda kuno, atraksi kalangan pemuda dengan sepeda BMX serta kumpulan sepeda fixie dan penggemar olah raga lainnya. Masyarakat juga dipersilakan untuk menikmati Jl A Yani dan Jl Cokronogero yang ditutup mulai pukul 06.00 WIB-09.00.

Jadwal Layanan Samsat Keliling

SURABAYA- Bagi Anda yang akan mengurus pajak kendaraan bermotor bisa mendatangi Samsat keliling di bawah ini.

Jadwal SAMSAT Keliling hari Jumat 2 Desember 2011 :

1. SAMSAT Blitar di Kademangan jam 08.00 s/d selesai
2. SAMSAT Jember di Kantor Kec. Sumberjambe jam 08.00 s/d 12.00 WIB
3. SAMSAT Tuban di Kec. Rengel jam 08.00 s/d 12.00 WIB
4. SAMSAT Bondowoso di Kec. Wringin jam 08.00 s/d selesai
5. SAMSAT Malang di Stasiun Ngebrug, Sumber Pucung dan Kantor Camat Singosari jam 08.00 s/d selesai
6. SAMSAT Batu di Plaza Batu jam 08.00 s/d selesai
7. SAMSAT Situbondo di Pasar Mimbaan Situbondo jam 07.00 s/d selesai
8. SAMSAT Bojonegoro di Kec. Kalitidu jam 08.00 s/d selesai
9. SAMSAT Lamongan di Kec. Paciran jam 08.00 s/d selesai
10. SAMSAT Pacitan di Kec. Bandar jam 08.00 s/d selesai
11. SAMSAT Banyuwangi di Kantor Kec. Genteng jam 09.00 s/d 13.00 WIB

Khusus melayani perpanjangan STNK dan pembayaran pajak tahunan dengan syarat lengkap, tidak denda dan tidak blokir.


Sumber : RTMC Polda Jatim

Jadwal Layanan SIM Keliling Jatim

SURABAYA- Bagi Anda yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, bisa mendatangi layanan SIM keliling.

Jadwal SIM Keliling hari Jumat 2 Desember 2011 :

1. Polres Tuban di Supermarket Bravo jam 08.00 s/d 11.30 WIB
2. Polres Malang di Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang jam 08.00 s/d selesai
3. Polres Pamekasan di Polsek Waru jam 08.00 s/d selesai
4. Polres Jember di Depan Galaxi Tempurejo jam 09.00 s/d 11.30. WIB
5. Polres Bojonegoro di Kec. Padangan jam 08.00 s/d selesai
6. Polrestabes Surabaya di Taman Bungkul dan Pasar Tambakrejo jam 10.00 s/d 17.00 WIB
7. Polres Sidoarjo di Halaman sentra Tropodo waru jam 08.00 s/d 18.00 wib
8. Polres Nganjuk di alun-alun Nganjuk pkl 16.00 s/d selesai

Khusus melayani perpanjangan SIM A dan SIM C dengan syarat jika SIM mati, maksimal 1 tahun.


Sumber : RTMC Polda Jatim

Lokasi SIM & STNK Keliling, Jum'at 02 Des 2011

Masyarakat yang ingin  perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)  bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.
Berikut ini adalah pelayanan mobil SIM & STNK keliling hari ini Jum'at, 02 Desember 2011 terbagi di beberapa lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Gedung Thamrin City
STNK : Lapangan Banteng

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan Tiga Pluit
STNK : Depan Graha GAPEMBRI Jl. Boulevard Barat Kelapa Gading

3. Jakarta Selatan
SIM : TMP Kalibata
STNK : TMP Kalibata

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Mall Citra Land

5. Jakarta Timur
SIM : Dealer Honda Jl. Dewi Sartika
STNK: Masjid AT'TIN TMII

Jam Operasional : Pukul 08:00 - 12:00 WIB

Persyaratan :
Perpanjangan SIM
- SIM lama
- KTP

Perpanjangan STNK
- KTP/SIM
- BPKB
- STNK

-  SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

-  STNK Keliling hanya untuk proses perpanjangan pertahun, untuk proses lima tahunan atau ganti plat nomor silakan datang langsung ke kantor Samsat yang terdekat.

Info Keterangan Lebih Lanjut:
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 55
Jakarta Selatan
Telp : 021-5276001
Fax : 021-5275090
SMS : 1717
email : tmc@lantas.metro.polri.go.id

BBM Channel

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger