Besok, Waspadai Jalur Aksi Unras Ribuan Buruh

13:56
Jakarta-Dari informasi yang diterima NTMC Korlantas Polri, rencananya besok, Rabu (21/3/2012) mulai pukul 10.00, sekitar 10.000 buruh akan berujuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan diputuskan pada 1 April 2012.

Massa dari kelompok buruh itu akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia untuk selanjutnya berpawai menuju Jalan Medan Merdeka Utara dengan titik berhenti di depan Istana Merdeka, Jakarta.
Rencana aksi ini juga disampaikan Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KFSPI) yang juga Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal, Selasa pagi.

"Aksi juga akan diikuti Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), dan Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) dengan jumlah ribuan orang di luar massa KSPI dan FSPMI," ujar Said.

Menurutnya, penolakan kenaikan harga BBM harus dilakukan karena kenaikan harga BBM akan menurunkan daya beli dan upah buruh yang baru naik. Karena kenaikan harga BBM, kenaikan riil upah minium regional (UMR) hanya menjadi 5 persen.

"Kalau kemarin saja buruh menutup jalan tol untuk melawan upah minimum buruh yang digugat ke PTUN oleh Apindo, apalagi kenaikan harga BBM akan makin membuat upah buruh turun," ujarnya.

Karena kondisi yang akan makin memburuk itu, buruh akan melakukan perlawanan masif. Pemogokan umum buruh yang lebih besar lagi sesuai prosedur UU juga akan dilakukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »