Mapolres Pasuruan Tahan Sopir Bus Wisata

18:16
Pasuruan-Slamet Sutrisno, sopir bus wisata B 7076 PV yang terguling di Ngembal, Tutur (Nongkojajar) dan menewaskan 7 orang penumpangnya ditahan di Mapolres Pasuruan, Jawa Timur.

Kasatantas Polres Pasuruan, AKP Tony Prasetyo yang ditemui di sela-sela pelaksanaan olah TKP di Ngembal, Senin mengatakan, sopir bus belum ditetapkan sebagai tersangka. Namun yang bersangkutan diamankan di Mapolres Pasuruan.

"Untuk menetapkan sopir bus menjadi tersangka masih harus menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan tim Labfor Polda Jatim, dan Tim Teknis Dishub Jatim," kata Tony Prasetyo.

Dijelaskan, tim Labfor Polda Jatim, dan Tim Teknis Dishub Jatim sedang menyelidiki sistem rem, dan perseneling mobil. Sebab, lanjut Tony, menurut oengakuan sopir kecelakaan terjadi karena rem bus blong.

Sopir bus mengaku, saat bus yang dikemudian berjalan turun remnya blong. Namun saat ia berusaha untuk memindahkan perseneling dari gigi 2 ke gigi 1 untuk menghambat laju bus,tetap gagal. Sehingga bus terus melaju tak terkendali, sehingga untuk menghentikan bus ia berinisiatif memasukkan busnya ke kebun mahoni.

Namun naas tak dapat dihindarkan, bus menabrak batu di sisi jalan sebelah kiri, sehingga bus terguling ke kanan jalan. Akibat kecelakan tersebut sebanyak 7 penumpang asak Candilontar Surabaya tewas.

Slamet Sutrisno mengaku pasrah jika dirinya nantinya ditetapkan sebagai tersangka. Ia mengatakan, kejadian tersebut diluar kemampuan dirinya. Untuk itu ia meminta maaf kepada keluarga korban atas kejadian tersebut.

Kasatlantas Polres Pasuruan mengatakan, untuk menetapkan sopir bus bisa menjadi tersangka masih harus menunggu hasil penyelidikan dari Tim Labfor Polda Jatim, serta Tim Teknis Dishub Jatim yang masih menyelidikinya di lokasi kejadian.

Kasatlantas mengatakan, penyebab kecelakaan bus wista akibat rem blong. Untuk membuktikan pengakuan sopir masih perlu dikonfirmasikan dengan hasil penyelidkan Tim Labfor Polda Jatim, dan Tim Teknis Dishub Jatim. Dan Kastlantas Polres Pasuruan menegaskan, kondisi bus pariwisata yang mengalami naas sebenarnya masih dalam kondisi laik jalan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »