Antisipasi Arus Balik, Pelabuhan Bakauheni Siapkan Jalur Khusus Untuk Truk dan Bus

09:37

PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi antrian panjang di pelabuhan meskipun arus balik lebaran 2012 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, masih terpantau normal.

General Manager Cabang Bakauheni, Yanus Letanga, menjelaskan, mereka menempuh langkah berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini pemerintah memberi izin menyeberang kepada truk sejak H+1 lebaran.

ASDP pun mempersiapkan beberapa skenario sesuai kondisi lapangan. “Menghadapi kebijakan itu, kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di pelabuhan,” kata Yanus, Rabu 22 Agustus 2012.

Ia menjelaskan, beberapa langkah tersebut di antaranya mempersiapkan jalur khusus bagi truk dan bus. Kendaraan truk dan bus akan diarahkan menuju Dermaga IV dan V Pelabuhan Bakauheni. ASDP juga menyediakan waktu khusus bagi truk dan bus untuk menyeberang, yaitu malam hari.

Data produksi pada 22 Agustus 2012 menunjukkan, jumlah kapal yang menyeberang ada 29 unit dengan pencapaian 100 trip, dan mengangkut 52.720  orang,  4.642 kendaraan roda dua, 5.346 kendaraan roda empat, 238 unit bus, dan 249 unit truk. Total kendaraan yang diseberangkan sebanyak 10.475 unit.

Adapun pada H+1, penumpang yang sudah kembali persentasenya hanya berkisar 19 persen dari total pemudik sebanyak 614.065 orang. Sementara pada arus balik, penumpang yang sudah menyeberang sebanyak 11.210 orang, sehingga masih ada 495.855 orang yang belum menyeberang atau belum kembali.

Untuk kendaraan roda dua yang sudah kembali persentasenya mencapai 16 persen (60.430 unit) dari total pemudik yang mengendarai sepeda motor. Pada arus balik, motor yang sudah menyeberang ada 9.751 unit, sehingga masih ada 50.679 unit lagi yang belum menyeberang atau belum kembali.

Sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih (mobil pribadi, bus, dan truk) yang sudah kembali persentasenya 20 persen. Total pemudik roda empat atau lebih ada 66.136 unit, dan pada arus balik yang sudah menyeberang ada 13.317 unit, sehingga masih ada 52.819 unit lagi yang belum menyeberang atau belum kembali.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan penumpang, ASDP mempersiapkan tenaga keamanan yang terdiri dari gabungan security, kepolisian, dan brimob di lokasi penumpang turun untuk menertibkan banyaknya calo penumpang.

ASDP Cabang Bakauheni juga menurunkan tenaga bantuan sebanyak 75 orang yang tergabung dalam BUMN Peduli. Tenaga bantuan ini bertugas membantu kelancaran arus penumpang di area gerbang tol.

Sumber: Vivanews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »