Pemudik Sepeda Motor Naik 16,69 Persen

13:33
mudik-kapal-perang.jpg

Jumlah sepeda motor naik tinggi. Padahal sekitar 70 persen dari kecelakaan lalu lintas dialami oleh pengendara dan penumpang sepeda motor," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Selasa (28/8/2012) di Jakarta, usai menutup Pos Koordinasi Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2012.

Angka pemudik dengan sepeda motor naik lebih tinggi dibanding prediksi Badan Litbang Kemhub, yang hanya memprediksi kenaikan jumlah sepeda motor sebesar 6,16 persen menjadi 2,51 juta unit.

Persentase pemudik dengan sepeda motor juga lebih tinggi dibanding kenaikan jumlah pemudik dengan bus angkutan. Dari H-7 hingga H+6 Lebaran, pemudik dengan bus hanya naik 11,31 persen dari 4,91 juta orang menjadi 5,46 juta orang.

Kepala Bidang Keselamatan dan Keamanan Korlantas Kombes Pol Adnas mengatakan, pengendara sepeda motor memang sangat tidak berdisiplin. " Belum lagi ditemui ketidaklaikan kendaraan mereka," ujar dia.

Sementara itu, jumlah mobil pribadi yang digunakan untuk mudik juga naik sebesar 8,55 persen. Yakni dari 1,44 juta unit mobil menjadi 1,56 juta unit mobil sehingga tidak mengherankan bila kemacetan makin panjang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »