Contra Flow Akan Diterapkan di Jl. Yos Sudarso

11:58
lantas-2-sub
Jakarta - Satlantas Wilayah Jakarta Utara menerapkan pengendalian lalu lintas contra flow atau lawan arus di Jalan Yos Sudarso arah selatan, terkait pembangunan Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok NS.

Kendaraan yang diarahkan melalui jalan baru atau lokasi Contra Flow adalah kendaraan yang datang dari Jl. Enggano atau Terminal Tj. Priok. Sedangkan kendaraan yang datang dari Pos IX atau Jl. Sulawesi tetap diarahkan lurus melewati jalan lama.

Hasilnya pun efektif. Selama uji coba penerapan pengendalian lalu lintas dengan sistem lawan arus ini mampu mengurai kepadatan yang diakibatkan oleh pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok NS.

”Strategi contra flow ini efektif karena mampu mencairkan arus lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan. Ini dapat mendukung kegiatan ekspor-import yang melibatkan kendaraan-kendaraan besar yang melewati jalan Yos Sudarso ini,” ujar Wadir Lantas AKBP Drs. Wahyono, M.Hum saat mengontrol lokasi contra flow.

Dalam penerapannya sendiri, Kasat Lantas Jakarta Utara Kompol Tri Suhartanto dan Kanit Dikyasa AKP Endang Katmiati, SH, selalu berkoordinasi dengan pihak pelaksana Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok NS. Sehingga, segala sesuatu tentang atribut Contra Flow mulai dari marka, rambu, lampu penerangan, sosialisasi, dan juga dampak-dampak lainnya sudah diperhitungkan dengan matang.

Selanjutnya, Satlantas Wilayah Jakut juga telah melakukan koordinasi dengan Sat Pol PP agar melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap para pedagang kaki lima yang berjualan di lokasi halte bayangan atau tempat menunggu para calon angkutan umum di lokasi Contra Flow. Dan atas kerja keras inilah penerapan contra flow tepat sasaran.

Namun, perlu untuk diketahui, kebijakan pengendalian lalu lintas dengan sistem lawan arus atau contra flow di Jalan Yos Sudarso arah selatan ini sifatnya sementara. Waktu yang diperkirakan, hanya akan dilaksanakan hingga pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok NS selesai.

Sumber: Poskotanews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »