Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas

11:26


Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus konsisten dalam upayanya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Salah satu upayanya adalah dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Dengan menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini, maka disiplin berlalu lintas akan tercipta dengan sendirinya. Untuk itu, melalui Sie Dikmas Subdit Dikyasa, Ditlantas PMJ terus bekerja secara maraton dalam menanamkan tertib berlalu lintas kepada para pelajar dari satu sekolah ke sekolah yang lain.
.
Terkini, sekolah yang baru saja mendapat sosialisasi dan pelatihan keselamatan berkendara adalah pelajar dari tingkat SD hingga SLTA Mitra Pembangunan di wilayah Jeruk Purut, Jaksel, Selasa (18/09/2012) WIB. Seluruh siswa pun tampak aktif dalam sosialisasi dan pelatihan keselamatan berkendara ini.

Kompol Suzana Benyamin SH, Kasi Dikmas SubDit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan pihaknya selalu intens melakukan sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah lain. Baik itu di tingkat SD, SLTP, maupun SLTA. ”Setelah ini masih ada tiga sekolah lagi yang akan kami kunjungi dalam rangka menanamkan cara tertib berlalu lintas sejak usia dini,” ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain tentang peraturan lalu lintas dan upaya tertib berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya, seperti berkendara yang benar dengan memakai helm SNI dan sampai klick, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM, serta lain sebagainya. Simulasi praktek ujian mendapatkan SIM pun dilakukan di lapangan sekolah.

”Tata cara dan sopan santun dalam berlalu lintas adalah materi utama yang kami sampaikan. Ini penting karena untuk keselamatan. Selain itu kami berikan juga simulasi praktek ujian mendapatkan SIM untuk siswa yang akan menginjak usia 17 tahun,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suzana juga membagikan buku yang berisi penjelasan mengenai pentingnya memiliki SIM terlebih dahulu sebelum berkendara. Buku yang dikemas dengan karakter-karakter lucu ini diharapkan akan membuat para siswa lebih tertarik untuk membaca dan memahami isi dan pesan yang tersirat didalamnya.

Selanjutnya, melalui sosialisai ini, pelajar dan masyarakat kita diharapkan dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalu lintas dengan benar. “Harapan saya, dengan sosialisasi ini seluruh siswa dan masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya tertib berkendara sehingga kecelakaan akibat pelanggaran lalu lintas berkurang. Sebab kecelakaan selalu didahului oleh adanya pelanggaran,” tutupnya.

Sumber: Poskotanews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »