Pengecoran Picu Kemacetan Parah di Jalan Raya Bekasi

08:07
Cakung-Pengecoran Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur memicu kemacetan arus lalulintas. Masyarakat terutama pengguna kendaraan bermotor mengeluhkan tidak adanya sosialisasi atau pemberitahuan terkait proyek pengecoran tersebut.
 
“Mestinya pengerjaan jalan ini diiringi dengan pemberitahuan atau sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat yang menggunakan kendaraan bisa menghindari jalan ini dengan mencari alternatif jalan lain, dan kemacetan pun bisa diminimalisir,” kata Rodin, pengendara sepeda motor yang biasa melintasi jalan tersebut.
 
Jun, pengendara lainnya, mengungkapkan kemacetan parah akibat kegiatan pengecoran ini terjadi sejak Senin (29/10). Warga Bekasi yang bekerja di perusahaan swasta di Jakarta itu menuturkan, sama sekali tidak mengetahui adanya pengecoran. Dirinya juga menyesalkan, minimnya petugas pengatur lalulintas di sekitar jalan yang menghubungkan Jakarta dengan Bekasi tersebut.
 
“Tanpa adanya pengecoran, di jalanan sini memang sering macet. Sekarang kemacetan makin parah, saya juga enggak melihat ada petugas yang mengatur lalulintas. Lebih parah lagi pasir dan debu dari pengecoran juga bertebaran di jalanan. Sehingga kita harus bersabar dan hati-hati saat melintas di sini,” keluhnya.
 
Yang lebih parah lagi pengecoran dilakukan di beberapa lokasi berbeda. Tidak satu-satu sehingga menambah kemacetan. Misalnya pengecoran dilakukan di depan Polsek Cakung di jalur dari arah Bekasi, sementara dari arah Pulogadung dicor di depan Pool HIBA.
 
“Aneh ngecornya kok ga satu-satu.Coba kalau dicor dari arah Pulogadung dulu hingga selesai kan jalur dari arah Bekasi bisa dipakai sementara. Baru setelah selesai dan kering kemudian dari arah Bekasi dicor,”usul Suryana warga Pulogebang yang mengaku harus menempuh dua jam perjalanan dari rumahnya ke Terminal Pulogadung.
 
Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Aryadi Soelarso, menyebutkan, kegiatan pengecoran tersebut merupakan proyek peningkatan jalanan yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Dirinya juga mengaku belum mendapatkan sosialisasi terkait pengaturan lalulintas yang dibutuhkan.
 
“Kami sendiri baru mengetahui bila ada kegiatan peningkatan jalan di jalan raya itu. Jadi ini memang belum disosialisasikan juga kepada kami,” katanya.
 
Kepala Seksi Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Yudi Febriyadi, menerangkan, pembetonan jalan tersebut untuk peningkatan jalan Jalur Busway Koridor Extension Pulogadung-Bekasi.
 
Nantinya, jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan Bekasi itu akan dilalui Busway sehingga diharapkan kemacetan yang kerap terjadi bisa terurai seiring masyarakat beralih ke moda transportasi massal tersebut. Proyek betonisasi jalan ini ditargetkan selesai dalam dua pekan mendatang.
 
“Kami mohon maaf, apabila dalam pelaksanaanya timbul kemacetan yang semakin parah. Kami juga mohon pengertian dari masyarakat karena pekerjaan ini semata-mata bertujuan untuk menanggulangi kemacetan di Jl. Raya Bekasi. Kami harapkan juga agar masyarakat bisa mencari jalan alternatif selama pengerjaan,” katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »