Jembatan Talia-Bungkutoko Diresmikan Awal 2013

11:44





Jembatan Talia Bungkutoko Diresmikan Awal 2013
KENDARI: Jembatan Talia-Bungkutoko di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sepanjang 130 meter dijadwalkan diresmikan penggunaannya pada awal 2013. 

"Jika semua proses pekerjaan berjalan lancar, maka pada akhir Desember 2012, jembatan Talia-Bungkutoko akan rampung 100% dan awal 2013 bisa diresmikan," kata Wali Kota Kendari Asrun saat meninjau kondisi terakhir pembangunan jembatan Talia-Bungkutoko yang menghubungkan daratan Kota Kendari dan Pulau Bungkutoko, Sabtu (3/11). 

Ia mengatakan dengan peninjauan langsung seperti itu, akan bisa mengetahui sejauh mana perkembangannya sehingga bisa menyampaikan kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban. 

Menurutnya, pembangunan jembatan Talia-Bungkutoko tersebut seiring dengan pembangunan pelabuhan peti kemas di Pulau Bungkutoko. 

"Jembatan Talia-Bungkutoko ini merupakan perluasan akses menuju pelabuhan tersebut, sehingga sebelum pelabuhan itu rampung, jembatan ini harus selesai terlebih dahulu," ujar Asrun yang baru dilantik sebagai Wali Kota Kendari untuk periode kedua kalinya tersebut. 

Ia menyebutkan pembangunan jembatan sepanjang 130 meter tersebut dikerjakan mulai 2009 yang hingga kini sudah menghabiskan dana sekitar Rp24 miliar berdasarkan kontrak, tetapi pemerintah terus mengembangkan sarana pendukung jembatan tersebut sehingga diperlukan tambahan dana sekitar Rp8 miliar lagi. 

Saat ini, katanya, kegiatan pembangunan jembatan sudah tidak ada kendala berarti karena tinggal memasang rangka baja yang butuh perawatan ekstra. 

"Yang sedang dipasang saat ini adalah rangka baja. Ini adalah salah satu bagian pekerjaan jembatan ini yang agak rumit dan butuh waktu lama," katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »