Headlines News :

Motor Panitia PON Lenyap Di Parkiran

Written By Mediaatas on Sabtu, 15 September 2012 | 16.17

PEKANBARU-Curanmor bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Buktinya, kali ini giliran sepeda motor panitia Pekan olah raga Nasional (PON) XVIII Riau, Willy Haris (18), yang lenyap digondol maling.

Informasi yang dihimpun, kejadian ini baru diketahui sekitar pukul 19.30. Sejak pukul 07.30 pagi, motornya Supra X Nopol BM 6510 JD diparkir di venue gulat, Jalan Kaharudin Nasution.

Seperti biasa, Willy yang panitia PON memarkirkan sepeda motornya. Tanpa curiga, dia pun langsung menjalankan aktifitasnya sebagai panitia.

Namun, betapa terkejutnya dia ketika selesai menjalankan tugas sekitar pukul 19.30. Ternyata, sepeda motornya sudah tidak ada di tempatnya semula.

Dia pun kemudian berusaha mencari keberadaan sepeda motornya. Mungkin saja dipindah oleh orang ketika hendak parkir. Tapi apa yang dilakukan Willy sia-sia. Dia tetap tidak menemukan sepeda motornya.

"Saya memakirkannya di parkiran. Namun ketika pulang, sepeda motor sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Tidak terima, dia langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Bukit Raya. Dia berharap, petugas kepolisian bisa menemukan sepeda motornya kembali.

Sementara itu, Kapolsek Bukit Raya Kompol Marto Harahap melalui Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya AKP Dedi Suryadi, membenarkan adanya laporan tersebut. Saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Ditambahkan, kepada semua warga, diminta berhati-hati dalam memarkirkan sepeda motornya. Sebisa mungkin, pemilik menggunakan kunci ganda ketika memarkirkan kendaraannya.

Murid SD Meninggal Tabrak Pohon


BANDA ACEH - Aditya Wisnu Wardana (10), murid kelas VI SD di Banda Aceh, meninggal akibat sepeda motor yang ia kemudikan menabrak pohon di pinggir Jalan Makam Syiah Kuala, Dusun Gano, Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Informasi diperoleh kecelakaan itu terjadi pukul 17.30 WIB. Adyta warga Jalan Teladan Gampong Keuramat, Banda Aceh, berboncengan bersama temannya, Rizki Apri Nugroho (10), warga Gampong Laksana, Banda Aceh, melaju dari arah Lamdingin menuju Gano menggunakan Yamaha Jupiter AD 2850 YB.

Menurut Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Moffan MK SH melalui Kasat Lantas AKP Aji Purwanto SIK, berdasarkan keterangan saksi mata sepeda motor itu melaju dengan kecepatan tinggi. Saat hendak berbelok ke arah Gano, sepmor itu melaju terlalu ke kiri sehingga menabrak pohon di pinggir jalan itu.

“Korban meninggal mengalami luka sobek di pipi sebelah kiri dan luka parah di kepala bagian belakang. Korban meninggal di lokasi kejadian. Sementara temannya menderita luka ringan,” kata Kanit Laka Ipda Cut Ali Yusuf.

Empat Mobil Rusak Tertimpa Kanopi


BANDUNG - Sedikitnya empat unit mobil yang tengah diparkir di halaman gedung program pasca sarjana Universitas Padjajaran (UNPAD) di Jalan Cimandiri, Bandung, rusak ringan tertimpa atap kanopi yang roboh secara tiba-tiba, Sabtu (15/9).

Empat mobil itu, dua diantaranya mobil dinas Toyota Kijang milik Unpad bernopol D 947 A dan D 1787 A. Sedangkan dua lainnya milik pribadi yakni mobil Suzuki Karimun bernopol D 1338 KQ dan Toyota Avanza D 1737 D.

Umumnya empat unit mobil itu rusak dibagian kap mesinn. Kuat dugaan atap kanopi yang terbuat dari tembokan semen itu roboh karena tak dilengkapi tulang besi dan telah termakan usia.

Menurut salah seorang penjaga gedung yang enggan disebutkan namanya, jika tengah dibersihkan atap kanopi itu suka bergetar. Hal ini diperparah dengan getaran dari Air Condisioner (AC) yang menempel di dekat dinding kanopi tersebut.

Tewas di Jalan Lintas Sumatera


1318252934ilustrasi-tewas.jpg
net
SERDANGBEDAGAI - Jalan Lintas Sumatera kembali memakan korban. Kali ini, dua pengendara sepeda motor, Indra Gunawan dan Bunut meninggal dunia akibat menabrak truk, Sabtu (15/9/2012) pagi.

Informasi yang dikumpulkan dari warga sekitar, korban menggunakan sepeda motor Kawasaki BA 3378 LM dari arah Perbaungan menuju Tebing Tinggi diduga tidak melihat truk pengangkat semen yang sedang parkir dipinggi jalan. Akibatnya seketika juga korban tewas ditempat kejadian.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sergai, AKP Hasan Basri mengatakan kini korban tengah dalam proses pemulangan kepada keluargnya untuk dimakamkan oleh pihak keluarga.

Menurutnya, kecelakaan kali ini telah menambah tingginya angka kecelakaan di kawasan itu. Diketahui, satu hari sebelumnya, tiga orang tewas akibat tabrakan dua kendaraan.

“Mulai dari kita melakukan operasi beberapa waktu lalu, sudah ada 7 orang yang tewas di Jalinsum, ”ujar AKP Hasan Basri.

Trailer Pengangkut Sarden Kecelakaan di Jalur Gumitir


Jember -Arus lalu lintas di jalur Jember - Banyuwangi, di kawasan Gunung Gumitir, agak terhambat, Sabtu (15/9/2012). Gara-gara sebuah truk trailer mengalami kecelakaan.

Truk trailer pengangkut ikan sarden dalam kemasan itu mengalami kecelakaan, Jumat malam, sekitar pukul 23.00. Pengait truk rusak, akibatnya peti kemas pun terlepas, di Kilometer 36, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa.

Truk bernopol L 8333 UK itu dikemudikan Iswanto, 19 tahun, warga Kaolon, RT 111/RW 11, Sutojayan, Blitar. Truk itu melaju dari Banyuwangi ke Surabaya.

"Kami terpaksa melakukan sistem buka-tutup untuk arus berlawanan yang melewati Gumitir," kata Kepala Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor Silo, Ajun Inspektur Satu Hariyanto.

Kondisi jalan di Gumitir yang sempit membuat truk gandeng tak berani nekat melanjutkan perjalanan. Mereka memilih evakuasi badan truk selesai. "Kira-kira 1 jam sampai 1,5 jam lagi," kata Hariyanto.

Sementara itu, bus bisa melewati badan jalan dan meneruskan perjalanan. Namun saat sopir berusaha melewati tubuh truk yang mengalami kecelakaan itu, penumpang bus diturunkan lebih dulu.

Rawan Kecelakaan, Jalur Kleringan Ditutup Separuh

Jalur-Kleringan-ke-arah-Malioboro-ditutup-separoh.jpg


YOGYA -
Satlantas Polresta Yogyakarta menerapkan penutupan separuh jalur Kleringan bawah (underpass), bagi pengendara dari arah Jl Mangkubumi menuju kawasan Malioboro Yogyakarta. Hal itu dilakukan menyusul pemanfaatan jembatan Kleringan Yogyakarta yang baru selesai dibangun beberapa waktu lalu belum optimal.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Bambang SW, ditemui pada Jumat (14/9/2012), mengatakan, penutupan separuh jalur Kleringan agar kendaraan dari arah Mangkubumi tidak menumpuk di titik tanjakan sebelum Gardu Anim tersebut. Pasalnya, jembatan Kleringan belum dimanfaatkan sebagaimana konsep awal ketika dibangun.

Kendaraan dari arah Mangkubumi yang hendak menuju kawasan Malioboro atau Jl Mataram, selama ini cenderung menumpuk di Kleringan bawah. Jalur Underpass itu kapasitasnya jauh lebih lebar dibanding lainnya. Dengan penutupan separuh, maka sebagian kendaraan akan sedikit mengantre di jalur sebelum Gardu Anim lajur kanan (barat), sedangkan lainnya akan terus melewati jembatan Kleringan memutari Kridosono.

Semula jembatan Kleringan memang dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di jalur tersebut. Informasi dihimpun, konsepnya adalah dengan mengarahkan kendaraan dari Jalan Mangkubumi yang akan menuju Kota Baru atau Malioboro wajib melalui Jembatan Kleringan. Sementara underpass, di bawah rel kereta api hanya akan dilalui kendaraan dari arah Jalan Mataram, dan Jalan Pasar Kembang yang akan menuju Kota Baru.

Namun setelah selesai dibangun, konsep tersebut belum juga diterapkan. Evaluasi dari Satlantas, tikungan di Jembatan Kleringan untuk menuju Malioboro terlalu tajam, sehingga berbahaya jika bertemu dengan kendaraan yang dari Kotabaru menuju Malioboro. Secara fisik, Satlantas menengarai perlunya perubahan atau bahkan penambahan pembangunan sehingga tikungan itu tidak terlalu tajam.

Kasi Rekayasa Lalin Dishub Kota Widarto membenarkan bahwa pembangunan jembatan yang menelan anggaran lebih dari Rp 9 miliar itu belum sepenuhnya selesai. Dengan begitu maka sampai saat ini rekayasa lalu lintas yang direncanakan belum dapat berfungsi. Dia mengakui jembatan itu memerlukan pembenahan fisik.

Sementara hal itu belum dilakukan, saat ini Satlantas menambahkan devider tentative atau pembatas di separuh jalan Kleringan tepatnya pada underpass, untuk mengarahkan arus lalin. Rencana semula, kendaraan dari Mangkubumi yang menuju Malioboro diarahkan memutari sungai atau melewati jembatan Kleringan.

"Sekarang masing menunggu penambahan fisik, mungkin dilaksanakan 2-3 bulan ke depan," kata Widarto.

SIM Keliling Polres Cimahi di Bawah Flyover Cimindi

 
BANDUNG -- Warga yang berada di kawasan Cimahi dan sekitarnya, dari situs resmi Polres Kota Cimahi (www.polreskotacimahi.com), SIM Keliling Polres Kota Cimahi hari ini, Sabtu (15/9) berada di bawah Jembatan flyover Cimindi, Cimahi.

Perpanjangan SIM ini khusus untuk SIM A dan SIM C. Layanan dibuka mulai pukul 09.00. Sedangkan untuk perpanjangan SIM A di Kota Cimahi dikenakan biaya Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu.

Persyaratan pemohon cukup menyertakan KTP yang masih berlaku di wilayah Kabupaten Bandung Barat atau Cimahi berikut foto kopinya serta SIM yang dikeluarkan oleh Satlantas Polres Cimahi akan habis masa berlakunya.

Untuk wilayah Cimahi ini, informasi dan pengaduan SIM bisa menghubungi:Telepon/SMS: 022 72559599Faks: 022 6652970 / 6653715.

Bandung dan Cimahi Hari Ini Berawan

BANDUNG -- Cuaca Kota Bandung dan Cimahi masih berawan, Sabtu (15/9). Begitupun hujan ringan hanya terjadi di 2 wilayah, yaitu Bogor dan Garut. Sebagian besar wilayah di Jawa Barat, hari ini diprakirakan cerah berawan.

Cuaca berawan selain di Bandung, terjadi pula di Cisaat, Ngamprah, Sumedang, Ciamis, Singaparna, Soreang, Cianjur, dan Pelabuhan Ratu.

Wilayah-wilayah yang diprakirakan bercuaca cerah berawan adalah Kuningan, Sumber, Majalengka, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Cikarang, Cirebon, Bekasi
Banjar, Tasikmalaya, Depok, dan Cibinong.

Suhu udara Kota Bandung hari ini berkisar antara 21 - 31 derajat celsius, kelembapan udara 53 - 94 diikuti kecepatan angin rata-rata 20 km/jam dari arah Tenggara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan cuaca lewat situs resmi, www.bmkg.go.id  dan memprakirakan cuaca ini berlangsung mulai hari ini, pukul 07.00 hingga Minggu (16/9), pukul 07.00. 

Untuk keperluan 'perencanaan' dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi BMKG (Unit kerja: Pusat Meteorologi Publik - Informasi Meteorologi Publik sebagai antisipasi perubahan/updating dari prakiraan mingguan) ke nomor telepon: 021- 4246321.

Layanan SIM di Kota Bekasi Terganggu

BEKASI -- Kerusakan jaringan pusat komputer mengganggu layanan pengurusan surat izin mengemudi (SIM) di Polres Kota Bekasi Kota, Jawa Barat. Gangguan juga terjadi pada Kamis (13/9/2012) dan Jumat (14/9/2012).

Gangguan itu memaksa ratusan orang yang sudah meluangkan waktu untuk melengkapi dokumen pengurusan mendapatkan SIM terpaksa gigit jari dan pulang dengan tangan hampa. Tidak sedikit pengurus SIM yang sampai meminta cuti dari pekerjaan, tetapi gagal mendapatkan SIM.

Keterangan dari Polres Kota Bekasi Kota menyebutkan, gangguan layanan SIM akibat kerusakan pada komputer pusat data serta gangguan pada mesin foto. Dengan demikian, warga tidak dapat mengurus SIM baru atau memperpanjang SIM yang habis masa berlakunya.

Yang disayangkan oleh warga, gangguan itu tidak diberitahukan secara luas. Polres Koa Bekasi Kota hanya menempelkan kertas bertuliskan pengumuman di depan pintu yang mengarah ke bagian pengurusan SIM. Kertas karton itu cuma bertuliskan "Komputer SIM Sedang Dalam Perbaikan, Masih Rusak, Trims". Pengumuman ini dinilai warga tidak memadai.

Hingga pukul 23.00 WIB, petugas piket Polres Kota Bekasi Kota yang dihubungi belum bisa memastikan apakah pelayanan SIM sudah bisa dilaksanakan lagi pada Sabtu (15/9/2012).

Truk Gandeng Tepung Terguling di Bekasi



Sebuah truk gandeng yang bermuatan tepung gandum untuk pakan ternak/ terguling di Jalan Raya Ahmad Yani, Kota Bekasi, tepatnya di pertigaan Tol Bekasi Barat arah ke Pekayon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun arus kendaraan sempat tersendat.
Sopir dan kernet truk itu tidak mengalami luka apapun, tapi puluhan ton karung tepung gandum berhamburan di jalan raya. Truk itu terguling diduga akibat kelebihan beban muatan yang melebihi kapasitas.
Yudo, sopir truk gandeng itu mengatakan dirinya baru saja keluar dari Gerbang Tol Bekasi Barat. Truk gandeng bernomor polisi L9627UA itu membawa muatan tepung pakan ternak dari Surabaya dengan tujuan ke sebuah perusahaan pakan ternak di Jalan Raya Narogong, Bantargebang.
"Waktu mau ambil ke kanan, tiba-tiba ada dua truk pengangkut tanah yang saling kebut-kebutan. Saya berusaha menghindar truk tanah itu, waktu saya belokin ke kanan, sambungan truk tiba-tiba saja patah, truknya terguling," tutur lelaki asal Surabaya, Jawa Timur itu, kemarin.
Wakasat Lantas Polresta Bekasi Kota, AKP Mustamal yang mendatangi lokasi kejadian mengatakan truk gandeng melaju cukup kencang begitu keluar dari Gerbang Tol Bekasi Barat. "Lalu sopirnya memutar kemudi dan belok kanan terlalu patah, sehingga sambungan truk tak kuat. Bisa jadi, muatan truknya juga melebihi kapasitas," terangnya.
Petugas sempat kesulitan untuk mengevakuasi truk yang terguling beserta muatannya itu. Para kenek terpaksa memindahkan muatan truk itu ke pinggir jalan. Akibat tergulingnya truk itu antrean kendaraan memanjang hingga sekitar tiga kilometer karena bertepatan dengan jam berangkat kerja.

SItuasi arus lalu lintas flyover Pesing Daan Mogot padat


Kondisi arus lalu lintas flyover Pesing Daan Mogot menuju Gatot Subroto terpantau padat. Masih dengan penyebab yang sama, kepadatan adalah imbas melonjaknya volume kedaraan yang melintas di ruas jalan tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun petugas siaga NTMC Polri, kepadatan acap kali terjadi saat volume kendaraan mulai meningkat. Sabtu Pukul 11:20 WIB.

Pengguna jalan yang melintas di harap bersabar dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Petugas masih berusaha mencairkan kepadatan dengan melakukan pengaturan.

Evaluasi Pam Lebaran 2012 Melalui Vicon


Mudik lebaran 2012 telah usai, Korlantas Mabes Polri melakukan evaluasi pelaksanaan operasi ketupat 2012. Materi yang dijadikan evaluasi meliputi pelaksanaan Sosialisasi, pengaturan maupun penindakan kepada pemudik hingga koordinasi dengan para stake holder.

Rapat evaluasi yang dipimpin Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Pudji Hartanto dan juga Plh Direktur Utama Jasa Raharja H Budi Setyarso ini melibatkan Direktorat Lalu Lintas dan Cabang Jasa Raharja seluruh Indonesia melalui video converence.

Dalam kesempatan ini, Kakorlantas menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota POLRI yang telah mendedikasikan seluruh waktu, tenaga dan pikiran serta berbagai inovasi guna suksesnya Pengamanan Lebaran Tahun 2012.

Lebih dalam, kakorlantas juga membahas adanya peningkatan jumlah korban kecelakaan lalu lintas sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya. Adapun jumlah kecelakaan lalu lintas tahun ini mencapai 5.233 kasus atau meningkat sekitar 10 persen. Dari jumlah itu, sekitar 69,5 persen kecelakaan didominasi sepeda motor.

Bertolak dari hal ini Kakorlantas memerintahkan kepada seluruh Dirlantas khususnya Polda yang melaksanakan mudik bersama agar melakukan pencegahaan dengan intensif dan sistematis dimana nantinya angka pelanggaran dan kecelakaan dapat ditekan. Kedepannya, ketika pelaksanaan mudik, pelanggaran–pelanggaran yang dapat mengakibatkan kecelakaan khususnya pengendara sepeda motor agar langsung ditindak tegas.

"Kita bersama–sama berkomitmen untuk pelanggaran –pelanggaran yang kasat mata dan dapat mengindikasikan rawan kecelakaan agar dilakukan penindakan," ujar Kakorlantas Irjen Pol Puji Hartanto.MM.

"Awal mula terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah dari adanya pelanggaran," sambungnya.
Selanjutnya kakorlantas juga menginstruksikan agar seluruh Direktorat lalu lintas selalu bersinergi secara aktif dengan Jasa Raharja dan stake holder lainnya dalam menekan angka dan jumlah korban kecelakaan. Tak lupa, Kakorlantas juga menyampaikan terima kasih kepada Plh Dirut Jasa Raharja  yang telah mendukung kegiatan Polri khususnya Korps Lalu Lintas.

Senada dengan Kakorlantas,  Plh Direktur Utama Jasa Raharja H Budi Setyarso mengatakan dirinya dan jajarannya akan selalu bersinergi dengan Polri sebagai mitra kerja utama dalam turut serta melakukan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan lalu lintas baik berupa sarana maupun prasarana lalu lintas.
Diakhir acara, Kakorlantas Pudji menyampaikan juga dalam rangka Hari Ulang Tahun Lalu Lintas ke 57 pada tanggal 22 september 2012 maka Kakorlantas akan melaunching slogan lalu lintas melalui massa media maupun billboard yang bertuliskan “Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan” karena polisi lalu lintas merupakan etalase kepolisian Republik Indonesia dan juga ditanamkan budaya "no pungli, No komplain".

Kawasan 3 In 1 Dikurangi, Lalu Lintas Lancar


Penghapusan empat kawasan 3 in 1, Jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, Majapahit, dan Jalan Pintu Besar Selatan memberikan dampak Positif bagi pengguna jalan. Terbukti, arus lalu lintas sepanjang jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk tampak lancar.

Sejak, Senin (10/09/2012) lalu, ujicoba penghapusan kawasan 3 in 1 diempat kawasan tersebut telah dilakukan. "Sampai saat ini lancar-lancar saja. Tidak ada hambatan apa-apa," ujar Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat AKBP I Gusti Ketut Suarta.

Sebelumnya, kebijakan penghapusan kawasan 3 in 1 ini dilakukan karena menilai kebijakan larangan parkir on the street di sepanjang jalan Gajah Mada - Hayam Wuruk telah berhasil meningkatkan kapasitas jalan hingga 60 persen. Lantaran karena hasil itulah aturan 3 in 1 di lokasi tersebut sebagai pengendalian lalu lintas dirasa tidak lagi diperlukan.

Dan atas penghapusan kawasan 3 in 1 ini, laju lalu lintas di jalan Gajah Mada - Hayam Wuruk pun naik. Arus lalu lintas yang semula sekitar 20 km/jam pada jam sibuk, kini meningkat menjadi 30 km/jam.

Dampak positif lainnya dari penghapusan kebijakan 3 in 1 ini juga dirasakan para pedagang di kawasan Glodok. Banyak para pedagang yang mengatakan sejak dihapusnya peraturan 3 in 1 arus distribusi barang mereka lebih cepat dan lancar.

"Mereka yang berkepentingan di kawasan Gaja Mada hingga Kota tentunya menyambut positif penghapusan 3 in 1 ini, karena menguntungkan dari segi ekonomi," terang Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat, AKBP I Gusti Ketut Suarta.

Uji coba perubahan kawasan 3 in 1 ini akan dilakukan selama satu bulan yaitu hingga 10 Oktober. Selanjutnya, dari hasil uji coba selama sebulan tersebut akan dilakukan evaluasi sekaligus melihat dampak dari penerapan kebijakan perubahan lalu lintas ini secara keseluruhan.

Tukang Ojek Dihimbau Untuk Siapkan Helm SNI Bagi Penumpangnya


Selama ini, ojek menjadi salah satu moda transportasi alternatif yang digemari masyarakat di Jakarta. Sebab, selain cepat karena bisa menerobos kepadatan arus lalu lintas, tarif yang murah juga salah satu faktor yang mendorong masyarakat lebih memilih moda transportasi ini.

Hanya saja, dalam operasionalnya para tukang ojek masih kerap melanggar aturan. Demi memberikan pelayanan yang cepat, mereka suka melawan arus. Selain itu, mereka juga kerap mangkal di badan jalan. Juga banyak ditemui para tukang ojek yang tidak menyediakan helm untuk penumpangnya.

Untuk itu sosialisasi mengenai peraturan lalu lintas dan keselamatan berkendara kepada para tukang ojek terus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Subdit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro jaya di wilayah Bendungan Hilir Jakarta Pusat.

Puluhan tukang ojek di wilayah tersebut diberikan penyuluhan mengenai etika berkendara dan keselamatan di jalan. Mereka diberikan penjelasan singkat mengenai Safety Ridding, UU lalu lintas terbaru no 22 tahun 2009, dan juga penjelasan bahaya pelanggaran peraturan lalu lintas.

Kasubdit Dikyasa AKBP Nurul Megawati mengatakan, "Sebaiknya pengojek di ibukota menyiapkan helm yang berstandar nasional indonesia dua buah, satu untuk dirinya sendiri dan satunya lagi untuk penumpang.".

"Pengojek juga wajib melengkapi peralatan sepeda motornya seperti kaca spion, plat nomot polisi, dan lampu sen serta lampu rem. Ini merupakan bagian dari keselamatan berkendara di jalan raya," terangnya.
Lanjut Nurul, dalam pengoperasiannya, para tukang ojek diharapkan mematuhi aturan lalu lintas seperti menyalakan lampu di siang hari dan tetap berada di lajur kiri. Namun ada saja pengojek yang masih mangkal di trotoar dan melanggar peraturan, seperti tidak memakai helm dan melawan arus.

"Bukan kali ini kami melakukan sosialisasi seperti ini, namun tetap saja masih ada satu atau dua pengojek yang melakukan pelanggaran. Untuk itu kami akan melakukan sosialisasi serupa sampai mereka benar-benar tertib," tandasnya.

Iswan, salah satu pengojek mengatakan, dirinya sering mendapatkan sosialisasi serupa. Dalam hal ini pengojek yang masih melakukan pelanggaran adalah pengojek baru yang belum mendapat pembinaan dari Ditlantas.

"Saya dan teman-teman sering diberikan penyuluhan seperti ini. Beberapa pengojek memang masih ada yang melanggar. Biasanya dikarenakan belum mendapat pembinaan seperti ini dan kebanyakan juga karena pengojek baru," jelasnya.

JADWAL BUKA TUTUP JALUR PUNCAK AHKIR PEKAN



Anda mau menghabiskan akhir pekan di Puncak, Bogor, Jawa Barat? Daripada terjebak kemacetan yang panjang, ada baiknya mengetahui terlebih dulu jadwal buka tutup jalur mulai hari ini, Sabtu (15/9), hingga Minggu (16/9) besok.

Menurut Traffic Management Center (TMC) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam situsnya, penutupan di jalur Puncak dilakukan dua kali dalam satu hari. Untuk hari ini, Sabtu (15/9), penutupan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlanjut pada pukul 15.00 WIB. Jadwal yang sama juga berlaku untuk Minggu (16/9) besok.

Berikut jadwal lengkapnya:

Hari Sabtu:

Pukul 09:00 - 11.30 WIB
Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi ditutup

Pukul 15.00 - 17.00 WIB
Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas semua kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup

Hari Minggu:

Pukul 09.00 - 11.30 WIB
Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi ditutup.

Pukul 15.00 - 18.00 WIB
Semua kendaraan satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Artinya lalulintas kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup.

Layanan SIM Keliling Depok Seminggu



Satpas 1221/ unit SIM Polres Kota Depok kian intens dalam menggelar layanan Sim Keliling. Bahkan, menurut penuturan Kanit Regident Polres Kota Depok AKP Sri Widodo, pihaknya memberikan layanan SIM Keliling selama tujuh hari dalam seminggu.

Artinya, Satpas Polres Kota Depok juga menggelar layanan SIM Keliling di hari Minggu, dimana merupakan hari libur kerja bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk merespon permintaan masyarakat yang begitu antusias untuk mendapatkan pelayanan samsat secara mobile.

Untuk hari Minggu sendiri, layanan Sim Keliling digelar di Ruko Pesona Khayangan, IR Juanda di Jalan IR H Juanda, Sukmajaya, Depok, setiap Minggu ke-II dan Ke-IV.

"Layanan SIM Keliling ini dibuka juga untuk hari Minggu, pekan kedua dan keempat. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan juga merespon situasi di mana setiap hari Minggu di Jalan Juanda tersebut ada pasar kaget atau tumpah," ujar Kanit Regident Polres Kota Depok AKP Sri Widodo.

"Karena itu hari libur, maka masyarakat dalam melakukan aktivitas ganda yang menghemat waktu dan tenaga serta biaya. Sembari belanjadan liburan, masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM A atau C di lokasi yang sama, yakni di Jalan Juanda,".

Adapun Sim Keliling di hari kerja, digelar di tempat-tempat strategis seperti Mall, Pasar, Dealer motor, dan komplek perumahan, serta bahkan masuk ke kampus-kampus. "Masyarakat dapat memanfaatkan layanan simling setiap hari sesuai jadwalnya," jelas AKP Sri Widodo.

AKP Sri Widodo menambahkan, jika layanan SIM Keliling ini telah menjadi primadona di daerah Depok. Terbukti, per hari, layanan SIM Keliling Polres Kota Depok melayani sekitar 150 perpanjangan SIM A maupun SIM C.

"Program ini sangat efektif. Buktinya respon masyarakat sangat bagus. Dalam sehari, kami bisa melayani sekitar 150 perpanjangan Sim. Kendati demikian, kami tidak lekas berpuas diri. Maksudnya, kami akanterus berbenah demi memberikan pelayanan Prima kepada masyarakat, khususnya Metro Depok," pungkas AKP Sriwidodo.

Jadwal SIM Keliling Sat Lantas Polres Kota Depok
Senin : Honda Motor Care, Jl Raya Sawangan, Pancoran Mas
Selasa : Mutiara Depok Sukmajaya, Jl Raya Tole Iskandar, Sukmajaya
Rabu : Depok Town Center Pancoran Mas, Jl Raya Sawangan, Pancoran Mas
Kamis : Pasar Segar Cinere/Pos Lantas Dynasti Limo (Minggu II dan IV), Jl Raya Cinere, Limo, dan di Kampus Gunadarma (tentatif) (Minggu I dan III)
Jumat : Margonda Town Square, Jl Margonda Raya Depok
Sabtu : Margo City, Jl Margonda Raya Depok
Minggu : Ruko Pesona Khayangan, Ir Juanda (Minggu II dan IV), Jl Ir H Juanda, Sukmajaya, Depok
Pelaksanaan Pelayanan : Jam 08.00 s/d 14.00
On Line Service : 021 - 7772915

SIM Keliling Ada di Gedung Sate

Bandung - Mobil pelayanan SIM Keliling Polrestabes ada di kawasan Gedung Sate bersamaan dengan peringata HUT Jawa Barat ' De Syukron', Sabtu (25/9/2012).

Bagi Anda yang ber-KTP Bandung bisa memperpanjang masa berlaku SIM A dan SIM C.

Untuk mempercepat proses, siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy. Selain itu, tunjukkan masa berlaku SIM yang sudah habis masa berlakunya.

Layanan SIM keliling ini hanya akan melayani warga ber-KTP Bandung dan yang SIM-nya dikeluarkan Polrestabes Bandung. SIM keliling akan mulai beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Mobil Masuk Jurang di Lampung Barat, 9 Penumpang Tewas

Lampung Kecelakaan terjadi di jalan lintas barat KM 320, Kecamatan, Lemong, Lampung Barat, Jumat (14/9/2012). Sebuah mini bus masuk jurang dan mengakibatkan 9 orang meninggal.

Selain sembilan orang yang meninggal, terdapat 11 orang luka ringan dan berat. Koran yang luka dilarikan ke Puskesmas Nasal, Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Mini bus yang berangkat dari arah Kota Agung, Lampung, menuju Bengkulu ini tidak bisa dikendalikan oleh sopir saat hendak melalui turunan.

Kasat Lantas Polres Lampung Barat, Iptu Ikrar Potawari mengatakan
Mini bus dengan nomor polisi E 7586 Y ini mengangkut 20 orang termasuk sopir dan kernet. "Sopir mobil, Ono, Wartono (40), hilang kendali saat melalui turunan dan akibatnya kendaraan terjun ke jurang," .

Koran meninggal berjumlah 9 orang termasuk sopir bus. Korban tewas antara lain Abdul (40), Kuswara (60), Kusra (50), Tasrudin (50), Sobarudin (40) Wahidin (45), Carsok (36), dan Basar 40.

Sementara korban yang mengalami luka antara lain Sukar (32), Otong (34), Maulana (27), Zainudin (17), dan Nendi (22).


Taksi Senggolan dengan BMW, Tol Depan Mall Taman Anggrek Sempat Macet

Jakarta Kecelakaan terjadi antara Taksi Ekspres dengan sedan BMW di tol dalam kota Km 14 arah Pluit, Sabtu (15/9/2012) pukul 03.15 WIB. Kedua mobil bersenggolan akibat kurang menjaga jarak.

"Pada pukul 03.50 WIB taksi Ekspress nomor polisi B 1090 VTA senggolan dengan sedan BMW bernopol B 2689 DS di tol dalam kota Km 14 arah Pluit, di depan Mall Taman Anggrek," ujar petugas Jasa Marga.

"Penyebabnya kurang antisipasi, pengemudi kurang menjaga jarak," lanjut Supadi.

Beruntung tidak ada korban dalam kecelakaan ini. Arus lalin sempat tersendat selama beberapa menit setelah kejadian.

"Nihil korban, arus lalin sempat tersendat selama beberapa menit setelahnya," pungkasnya.

Cisarua Menuju Puncak Pas Ramai Lancar


Situasi arus lalu lintas dari jalan Cisarua  menuju ke arah Puncak terpantau ramai lancar, Sabtu Pukul 10.02 WIB.

Berdasarkan pantauan CCTV NTMC Polri, pergerakan kendaraan dapat melaju dengan kecepatan di atas 30 Km/jam. Dan belum ada hambatan yang cukup berarti.

Para pengguna jalan yang melintas dihimbau agar tetap waspada dan berkonsentrasi dalam berkendara, patuhi rambu-rambu yang berlaku.

Pos Pol Ciawi Menuju Puncak Ramai Padat


Pagi ini, kepadatan kembali mewarnai beberapa ruas jalan. Seperti yang tampak di Pos Pol Ciawi  menuju ke arah Puncak Ramai Padat, Sabtu  pukul 09.59 WIB.

Kepadatan disebabkan imbas lonjakan volume kendaraan yang melintas pada hari libur kerja. Antrian kendaraan nampak semakin mengular.

Para pengguna jalan dihimbau untuk tetp waspada dan bersabar, jaga jarak aman kendaraan Anda.

Kampung Rambutan Menuju Pasar Rebo Ramai Lancar


Situasi arus lalu lintas yang terjadi dari arah Kampung Rambutan menuju ke arah Pasar Rebo saat ini terpantau padat, Sabtu Pukul 09.51 WIB.

Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintas. Akibatnya pergerakan kendaraan menjadi tersendat.

Cibubur Junction Mengarah Pasar Rebo Ramai Lancar


Pagi ini, situasi arus lalu lintas di ruas jalan Cibubur menuju Pasar Rebo masih ramai lancar. Tidak ada kepadatan lalu lintas yang terjadi diruas jalan terssebut.

Menurut informasi yang dihimpun petugas siaga NTMC Polri, sampai saat ini ruas jalan tersebut terpantau lancar. kendaraan masih didominasi oleh mobil pribadi.  Sabtu, Pukul 09.50 WIB.

Pengguna jalan diminta agar tetap mematuhi rambu lalu lintas yang ada dan menjaga jarak aman berkendaranya.

Depan Tamini Square Arah Pondok Gede Ramai Lancar


Kondisi arus lalu lintas dari depan Tamini Square mengarah ke Pondok Gede terpantau ramai lancar, Sabtu, Pukul 09:30 WIB.

Dari data yang dihimpun NTMC Polri, jumlah kendaraan yang melintas memang cukup banyak. Namun, arus lalu lintas berjalan dengan lancar, tanpa adanya hambatan.

JADWAL SIM KELILING KOTA DAN KABUPATEN BOGOR






WILAYAH KOTA BOGOR
Hari/Tgl Lokasi
Jumat/7 Polsek Tanahsareal
Sabtu/8 Penjagaan Brimob Sukasari
Senin//10 BTW Jembatan Merah/Depris
Jumat/14 Polsek Bogor Barat
Sabtu/15 PGB Merdeka
Senin/17 Graha Pena Radar Bogor
Jumat/21 Polsek Bogor Selatan
Sabtu/22 KFC Taman Topi
Senin/24 Pasar Bogor/Depan Toko Bata
Jumat/28 Polsek Bogor Timur
Sabtu/29 Penjagaan Brimob Sukasarir
Waktu: 08.00 S/D 15.00



WILAYAH KABUPATEN BOGOR
Hari/Tgl Lokasi
Selasa/4 Polsek Babakanmadang
Rabu/5 Pondok Udik Kemang
Kamis/6 Simpang Taman Safari
Selasa/11 Polsek Cijeruk
Rabu/12 Polsek Ciawi
Kamis/13 Polsek Leuwiliang
Selasa/18 Polsek Ciampea
Rabu/19 Polsek Ciomas
Kamis/20 Polsek Jonggol
Selasa/25 Polsek Gunung Putri
Rabu/26 Indocement
Kamis/27 Polsek Taman Sari
Waktu: 08.00 S/D 15.00

Prakiraan Cuaca JABODETABEK

Wilayah Cuaca Hari Ini
15 September 2012
Cuaca Esok Hari
15 September 2012
Kepulauan Seribu Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Jakarta Utara Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Jakarta Pusat Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Jakarta Selatan Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Hujan Ringan Hujan Ringan
Jakarta Timur Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Jakarta Barat Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Depok Pagi Berawan Berawan
Sore Hujan Ringan Hujan Ringan
Malam Hujan Ringan Hujan Ringan
Tangerang Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Bekasi Pagi Berawan Berawan
Sore Berawan Berawan
Malam Berawan Berawan
Bogor Pagi Berawan Berawan
Sore Hujan Ringan Hujan Ringan
Malam Hujan Ringan Hujan Ringan

Arsip Berita

PENERIMAAN POLRI 2014

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger