Satlantas Polresta Bekasi Kota Gandeng Psychology Community Untuk Korban Kecelakaan

13:42

Bekasi - Satlantas Polsresta Bekasi Kota kini memiliki program kerja baru yang bekerjasama dengan Psychology Communy, program baru ini adalah Trauma Healing Center yang bertujuan untuk memulihkan kondisi korban kecelakaan dari perasaan takut akan kejadian kecelakaan yang telah dialami, juga untuk memulihkan kesadaran para korban akan pentingnya keselamatan di jalan.

Satlantas Polresta Bekasi Kota menjadi pembimbing bagi komunitas ini guna mencari dan mendapatkan informasi korban-korban kecelakaan yang butuh pertolongan Psikis dari rasa trauma.

Komunitas ini sendiri dibangun atas dasar kesadaran para mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi swasta dan negeri di bekasi dan jakarta akan pentingnya rasa percaya diri dan kesadaran masyarakat tentang norma-norma yang ada. Berawal dari kegiatan-kegiatan sosial yang memberi arahan akan buruknya penggunaan narkoba kepada anak-anak muda di Bekasi, juga penyuluhan terhadap korban pengguna narkoba agar tidak menggunakannya kembali, kini komunitas ini berkembang. Salah satu kegiatan sosialnya adalah bekerjasama dengan Polresta Bekasi Kota yang diundang sebagai organisasi kepemudaan untuk membangun kesadaran tertib berlalu lintas di jalan Hasibuan Kalimalang Bekasi pada tahun 2012. Dari sinilah Satlantas Polresta Bekasi Kota menilai bahwa komunitas ini punya nilai-nilai kemanusian dari keahlian dibidang yang mereka kuasai, khususnya berguna juga bagi korban-korban kecelakaan yang mengalami trauma.


“Kami bukan memanfaatkan mereka, tapi kami melakukan kerjasama dibidang keahlian komunitas ini, mungkin untuk menghilangkan rasa takut para korban yang merasa trauma terhadap jalan, kendaraan atau pun terhadap kecelakaannya sendiri”, Ujar Kanit Laka Satlantas Polresta Bekasi Kota AKP. Heri  yang ditemani Kanit Dikyasa AKP. Suswanti kepada team Media Center NTMC.

Komunitas yang berlokasi di Pondok Timur Mas F1 No.12 Rt06/13 Jaka Setia ini selalu siap 24 Jam menerima laporan dari masyarakat yang butuh pertolongan psikis akibat korban kejahatan maupun korban kecelakaan. “Kami siap kapan pun dibutuhkan oleh masyarakat maupun Polisi, karena di sekretariat kami selalu ada anggota kami yang standby 24 jam”, Ujar Adi salah satu anggota Psychology Community saat dihubungi team Media Center NTMC.

Program yang baru dijalankan oleh Satlantas Polresta Bekasi Kota ini akan terus disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui bila ada korban kecelakaan yang butuh pertolongan guna menghilangkan rasa trauma dapat langsung menghubungi Satlantas Polresta Bekasi Kota atau pun langsung ke lokasi sekretariat Psichology Community.

“Ya Kami melakukan kerjasama dengan Psychology Community, ke depannya kerjasama ini akan terus dikembangkan, tidak hanya untuk korban kecelakaan, tetapi dapat juga untuk korban kriminal lainnya seperti narkoba dan pemerkosaan diarahkan ke Trauma Healing Center ini”, Ujar Kasatlantas Polresta Bekasi Kota Kompol M. Arsal Sahban, SH, Sik, MH, MM.

Kanit Laka AKP Heri yang selalu berhubungan dengan korban kecelakaan menilai betapa pentingnya kesadaran masyarakat akan berperilaku tertib. “Kami menghimbau Berperilaku Tertib saja dijalan, kalo semua sudah tertib, insyallah para pengguna jalan bisa meminimalisir kecelakaan, karena kecelakaan itu merupakan mesin pembunuh yang tanpa disadari oleh pengguna jalan, Mari berperilaku Tertib dijalan”.

TL: Anggun & Firmansyah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »