Korlantas Mabes Polri Gelar Rapat Persiapan Pengamanan Arus Mudik 2014

16:16

Bogor - Selasa 22 April 2014 Korlantas Mabes Polri menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Permasalahan Lalu Lintas Hasil Survey Terpadu Jalur Mudik Lebaran Tahun 2014 bersama Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Perhubungan, Jasa Marga, Bina Marga dan para stakeholder yang terkait dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik.

Rapat koordinasi ini membahas beberapa persoalan yang sedang dan akan terjadi menjelang puncak arus mudik lebaran pada tahun2014. Hasil survey yang telah dilakukan oleh tim dari Korlantas Mabes Polri bersama pihak Jasa Marga juga Dinas Pekerjaan Umum pada 17 Maret s/d 21 Maret 2014 lalu. Dua tim survey dikerahkan Korlantas Mabes Polri dengan menelusuri jalur Sumatera dan Jawa ini menemukan beberapa titik persoalan yang akan menjadi kendala titik kemacetan saat puncak arus mudik.


Seperti jalur Pantura dan lintas Sumatera yang memang selama ini merupakan jalur utama para pemudik terdapat beberapa titik persoalan, seperti rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan, adanya perlintasan kereta api bahkan ada yang tanpa palang pintu, lokasi rawan banjir dan longsor, pasar tumpah di beberapa titik, bahkan sampai permasalahan sumbangan pembangunan masjid di jalan raya.

Korlantas Mabes Polri mengharapkan melalui rapat koordinasi ini pihak-pihak yang terkait dapat mengoptimalkan sinergitas antar sesama instansi pemerintah untuk dapat terus berbuat yang terbaik demi keselamatan dan kenyamanan semua.

Wakakorlantas Mabes Polri, Kombes Pol. Drs. Sambudi Gusdian selaku pembicara menegaskan beberapa arahan Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Pudji Hartanto. MM., yang berhalangan hadir menitipkan beberapa pesan dalam menghadapi arus mudik 2014.
  1. Terus menghimbau kepada masyarakat bahaya penggunaan sepeda motor saat mudik.
  2. Memberikan fasilitas mudik gratis.
  3. Memberikan perhatian khusus kepada pihak Organda agar memperhatikan armada-armada bus mereka untuk menjamin terselenggaranya pelayanan minimal menyangkut masalah keselamatan.
  4. Terus meningkatkan kerjasama antar stakeholder-stakeholder di wilayah yang memiliki kepentingan menyangkut keselamatan berlalu lintas.
"Selama Ops Ketupat 2013 lalu, banyak pihak yang memberikan apresiasi lebih terhadap anggota kepolisian dan para pendukung lain atas keberhasilannya meminimalisir angka kecelakaan saat puncak arus mudik, namun hal ini jangan dijadikan sebagai kebanggaan tanpa perbaikan, tahun 2014 ini Ops Ketupat harus lebih baik dari tahun kemarin", ujar Wakakorlantas Mabes Polri.


"Terus mengkampanyekan Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan", tambah Wakakorlantas mengakhiri pidatonya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »