Jembatan Comal Pemalang Bisa Dibuka Satu Sisi

13:09

Embedded image permalink

Pemalang - Kerusakan jembatan Comal jalur selatan (arah Semarang-Jakarta) terlalu parah untuk diperbaiki secara darurat. Walhasil, untuk arus mudik Lebaran, hanya jembatan sisi utara (arah Jakarta-Semarang) yang akan dibuka. "Saya harap jembatan sisi utara bisa dibuka pada H-3 sebelum Lebaran," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto saat meninjau jembatan Comal di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, pada akhir pekan lalu.

Demi keselamatan para pemudik, Djoko mengatakan jembatan sisi utara dibuka hanya untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil pribadi. Sedangkan jembatan sisi selatan akan ditutup total untuk perbaikan secara permanen.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pemalang Ajun Komisaris Davis Busin mengatakan jalur-jalur alternatif di wilayah Pemalang hanya mampu dilewati kendaraan kecil. "Kendaraan berat seperti truk dan bus tetap dialihkan ke jalur selatan," ujarnya.

Untuk kendaraan berat yang memasuki Jawa Tengah dari arah barat (Jakarta dan Jawa Barat) akan diarahkan melalui jalur tengah di Brebes dan Tegal menuju jalur selatan di Purwokerto. Sedangkan kendaraan berat dari arah timur (Jawa Timur) langsung dialihkan ke jalur selatan dari Semarang.

Seperti diketahui, jembatan Comal ditutup total sejak Jumat dinihari pekan lalu. Sebab, amblesnya penghubung antara jalan dan jembatan di sisi barat sejak awal Juli lalu bertambah dalam. Hingga kini, perbaikan darurat dengan memasang gorong-gorong baja di jembatan sisi utara masih terus dikebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »