Berantas Pengguna Narkoba, 662 Anggota Polres Kupang Dites Urine

16:50
NTMC - Sebagai garda terdepan untuk memberantas narkoba, polisi juga harus bersih dari pengaruh benda terlarang tersebut. Sebagai salah satu upaya, Polres Kupang Kota melakukan tes urine, Senin (24/11).

Ketua Tim Pemeriksa, dr Ayu Dwi Suswati mengemukakan tes urine dilakukan untuk mengantisipasi, sekaligus ingin mengetahui apakah ada anggota polisi, sebagai pemakai narkoba.

Tim yang dikerahkan untuk melaksanakan tes urine terdiri atas empat tim, dimana dua tim melakukan pemeriksaan di Polda NTT, dan dua lainnya di Polres Kupang Kota. “Ini program dari pusat, kami hanya melaksanakan saja. Program ini dilakukan untuk mengantisipasi keterlibatan anggota polisi sebagai pengguna narkoba,” jelasnya.

Ayu menambahkan, berdasarkan catatan yang mereka terima, ada 801 anggota Polres Kupang termasuk Kapolres dan Wakapolres yang akan diambil urinenya untuk diperiksa. Namun dari jumlah tersebut, hingga pukul 10.00 wita, terdapat 469 anggota, yang sudah diambil urinenya.

“Pemeriksaannya hanya sampai jam 11. Dan yang terdaftar sudah 469. Jumlah ini akan bertambah sampai kegiatan pemeriksaan hari ini selesai. Kita maklumi karena ada banyak anggota yang belum melakukan pemeriksaan, karena masih menjalankan tugas. Untuk itu, bagi yang belum melakukan pemeriksaan, kita akan berusaha mengadakan tes urine di waktu yang akan datang,” ungkapnya.

Soal hasil tes urine, dr Ayu katakan, hasilnya pemeriksaan tersebut akan diketahui sore harinya (sore kemarin red), setelah urine diperiksa di laboratorium. “Sore ini juga hasilnya sudah bisa diketahui. Jadi siap-siap bagi mereka yang dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba, karena sanksinya pasti ada. Apalagi polisi adalah pilar utama untuk berantas narkoba” pungkasnya.

Pantauan Timor Ekspress , sekira pukul 10.30 wita, Wakapolres Kupang Kota, Kompol Julian Perdana tampak hadir untuk mengikuti tes urin didampingi Kanit Provost, Aiptu Igo Pringgodani. Informasi dari dr Ayu menyebutkan, Kapolres Kupang Kota, Musni Arifin juga akan menjalani tes urine. Data terakhir yang diperoleh, jumlah anggota yang melakukan pemeriksaan sudah mencapai 662 orang.

Kapolres Kupang, AKBP Musni Arifin yang dikonfirmasi, Selasa (25/11) mengatakan, tes urine bagi seluruh anggota di Polres yang dipimpinnya itu, bertujuan untuk mengecek dan memastikan kalau anggota Polres Kupang Kota tidak ada yang terindikasi sebagai pengguna narkoba.

Selain itu, pemeriksaan itu sekaligus merupakan fungsi kontrol bagi seluruh anggota, agar tidak pernah bermain-main dengan narkoba, mengingat banyak anggota polisi yang sangat rawan untuk tergoda dan terlibat dalam penyalagunaan narkoba. (ntmcpolri.info)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »