Ingat Operasi Zebra Dimulai Rabu 26 November 2014

11:59
 
NTMC - Operasi Zebra Jaya, operasi khusus untuk pelanggaran lalulintas akan dimulai pada Rabu 26 November 2014. Ribuan spanduk disebar ke masyarakat untuk mensosialisasikan operasi zebra ini.

"Spanduk ada ribuan, sudah kita sebar ke wilayah-wilayah operasi," kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Restu Mulya Budyanto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Ribuan spanduk tersebut disebar di kantor-kantor polisi, kampus-kampus, hingga tempat-tempat umum seperti terminal dan Pos Lantas. Operasi digelar selama 14 hari mulai tanggal 26 November-9 Desember 2014 dengan mengerahkan kekuatan pasukan 2.700 personel.

Operasi khusus ini menelan anggaran hingga Rp 2,9 miliar. Anggaran tersebut, kata Restu, digunakan untuk urusan teknis hingga non-teknis dalam kegiatan operasi.

"Ya untuk rapat koordinasi, sosialisasi dengan memasang spanduk kan perlu dana juga. Kemudian operasional anggota yang terlibat operasi kan ada uang saku, uang transportasi, makan, lalu ada untuk administrasi membuat laporan dan banyak lagi,” jelasnyanya.

Selain menyiapkan sendiri spanduk sosialisasi, Restu tidak menampik jika pihaknya juga menerima spanduk hibah dari perusahaan-perusahaan.

"Ya mereka kan sah-sah saja, namanya mau membantu. Kita mendapatkan hibah tidak masalah. Ada masyarakat yang berempati terhadap kegiatan kepolisian karena ketertiban ke depan, silakan," lanjutnya.

Hanya saja, anggota diimbau tidak memasang spanduk sosialiasai di sembarang tempat. Pemasangan spanduk tersebut juga, lanjut dia, harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Satpol PP apalagi jika di dalam spanduk sosialisasi itu ada iklannya.

“Jangan tulisan sosialisasinya kecil, iklannya gede, ya jelas aja dibersihin Satpol PP. Jadi harus koordinasi juga sama Satpol PP,” tambahnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »