Polres Metro Jakarta Selatan Grebek Pabrik Kosmetik Ilegal

09:00

NTMCPOLRI.INFO - Sebuah industri rumah tangga yang memproduksi kosmetik wanita digerebek Unit Kriminal Khusus (Krimsus) Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan.
Aparat melakukan penggerebekan pada Jumat (27/2/2015) pagi sekira pukul 08:00 WIB, di Jalan Menjangan 3A, Nomor 24, RT 01/03, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Penggerebekan tersebut dipimpin langsung Kepala Unit Krimsus Polres Jakarta Selatan, AKP Riki Y Ariandi.

AKP Riki Y Ariandi mengatakan, pemilik industri rumah tangga pembuat kosmetik palsu tersebut adalah MA, 38 tahun. Pelaku merupakan salah satu lulusan sarjana ekonomi, yang berubah profesi menjadi pembuat kosmetik palsu yang berlebel merek ternama. Pelaku tertangkap tangan saat meracik dan mempalsukan kosmetik ilegal.

“Di hadapan petugas, pelaku mengaku telah membuat home industry secara terselubung selama 3 tahun,” tutur AKP Riki.

Pada penggerebekan itu, lanjut AKP Riki, petugas menemukan ratusan alat kosmetik, yang berupa sampo, conditioner, alat lulur, sabun, dan obat kecantikan lainnya yang akan diedarkan ke sejumlah salon di wilayah Ciputat, Depok dan Tangerang.

Selain itu, petugas berhasil menemukan sedikitnya 34 drum, yang berisi bahan pembuatan obat siap edar. Dari perbuatannya tersebut, MA meraih omset, minimal Rp 7 juta per bulan.

AKP Riki menjelaskan, pelaku membeli bahan kimia pembuat kosmetik palsu dari sejumlah pabrik. Kemudian, dia meracik semua kosmetik palsu. Setelah itu, barang dipasarkan ke pasar tradisional.

"Hanya ada satu karyawan MA, dia bekerja sebagai buruh yang mengantarkan obat kosmetik palsu itu,” ujarnya.

Menurut AKP Riki, MA cukup lihai dalam menjalankan bisnis yang mengancam kesehatan kaum perempuan itu. Pasalnya, semua aktivitas racikan obat kosmetik palsu ini, dilakukan di dalam gudang rumahnya, yang ditutup rapih. Bahkan, pelaku pun cenderung menutup diri, sehingga para tetangga dan lingkungan tempat tinggalnya kurang mengetahui kegiatan dan keseharian MA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »