Warga Jakarta Diimbau Hindari Tugu Proklamasi

11:42

NTMC - Polda Metro Jaya mengimbau kepada pengguna jalan untuk menghindari Tugu Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015) ini. Sebab, lokasi itu akan menjadi titik kumpul mahasiswa yang akan berunjuk rasa hari ini.

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Warsinem mengatakan, mahasiswa diperkirakan berkumpul di titik tersebut pada pukul 08.00-09.00 WIB. Maka dari itu, saat itulah kemungkinan akan terjadi gangguan arus lalu lintas di sana.

"Kami menyarankan masyarakat yang harus melewati jalur itu berangkat lebih pagi atau menghindarinya," kata AKBP Warsinem, saat dihubungi, Selasa (19/5/2015).

AKBP Warsinem mengatakan, saat terjadi gangguan arus lalu lintas, tidak menutup kemungkinan polisi akan lakukan rekayasa lalu lintas. Jalan menuju Tugu Proklamasi akan ditutup dan arus lalu lintas akan dialihkan.
"Penutupan jalurnya situasional. Kalau (arus kendaraan) masih bisa dialirkan, maka akan dialirkan. Tapi, apabila sudah tidak bisa, baru ditutup," ujar AKBP Warsinem.

Saat jalan menuju Tugu Proklamasi ditutup, akan ada perubahan arus lalu lintas, yakni sebagai berikut:
- Kendaraan dari arah Jalan Pramuka yang hendak menuju Tugu Proklamasi akan dibelokkan ke arah Jalan Salemba atau bisa pula dibelokkan ke arah Jalan Tambak.
- Kendaraan dari arah Manggarai yang hendak menuju Tugu Proklamasi akan diarahkan menuju Jalan Salemba Raya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Pol Unggung Cahyono mengimbau kepada pengguna jalan untuk menghindari titik-titik yang akan digunakan unjuk rasa. Adapun titik-titik itu antara lain Bundaran Hotel Indonesia, depan Istana Negara, dan depan Gedung DPR/MPR.

Saat dilakukan buka tutup jalan, arus kendaraan yang akan melintasi titik-titik tadi akan dialihkan. Misalnya, arus kendaraan menuju Bundaran HI dari Jalan Sudirman akan dialihkan ke Dukuh Atas belok kiri masuk Menteng.

Kendaraan dari arah Blok M dibelokkan ke kiri arah Pakubuwono dan Jalan Pintu 1 Senayan, sedangkan untuk kendaraan yang menuju depan Gedung DPR/MPR dari arah Mapolda Metro Jaya akan diarahkan lurus.

Kepolisian akan mengusahakan kendaraan bisa keluar masuk tol seperti biasa untuk pintu tol Pulau Dua. Sementara itu, arus kendaraan di depan Istana Negara dari belakang Veteran arah ke kiri masuk ke depan Kemendagri. Arah Hayam Wuruk dibelokkan ke Jalan Juanda.

"Polisi akan stand by terus di jalan mengatur lalu lintas sehingga pengguna jalan bisa mengikuti arahan dari polisi," kata AKBP Warsinem.
Komunitas Masyarakat Cinta Polri's photo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »