KAPOLDA METRO JAYA: JIKA PELAKU KEJAHATAN GUNAKAN SENPI, TEMBAK KEPALANYA JANGAN KAKINYA

15:58
  • polda
  • polda
  • polda

NTMC - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menginstruksikan jajarannya untuk bertindak tegas kepada pelaku kejahatan yang membahayakan petugas. Namun jika pelaku kejahatan yang menggunakan senjata api, kepolisian tidak akan kompromi untuk menembak pelaku.

“Kalau melawan, lakukan upaya paksa dari paling ringan sampai mematikan. Kalau dia pakai kampak merah misalnya, gunakan juga kekuatan mematikan, tembak kakinya jangan, tembak kepalanya!” Kata Tito di Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Tito menambahkan, jika pelaku kejahatan tidak membawa senjata api atau barang berbahaya lainnya cukup dengan tembakan ke arah kaki. “Tembak kaki kalau mau melarikan diri dan tidak membahayakan orang lain,” tegas Tito

“Yang harus dilakukan adalah lakukan tindakan proporsional sesuai diskresi masing-masing anggota,” sambung Tito.

Untuk itu, mantan Kepala Densus 88 Mabes Polri itu berharap agar setiap personil Kepolisian memerhatikan pola dan gaya hidup, guna menunjang kerja Kepolisian. “Makanya Polisi gak boleh gemuk, harus kurus-kurus,” ujar Tito.

Kapolres Jakarta Barat Kombes Rudy Heryanto juga mengintruksikan anak buahnya untuk bertindak tegas menghadapi aksi kejahatan yang menggunakan senjata api. Aparat polisi pun diminta tidak ragu menembak pelaku, bahkan di kepala jika aksinya itu membahayakan petugas.

“Saya sudah katakan kepada anggota kalau memang ada kejadian dan membahayakan petugas. Silakan tembak di tempat. Kalau perlu tembak kepala,” katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »