Brigadir Suheri Ajarkan Suku Sakai Mengenal Agama dan Baca Tulis Al-Qur'an

17:43
NTMC POLRI - Bripka Suheri Sitorus (37 th), merupakan seorang personil Babinkamtibmas Polsek Bonai Darussalam Polres Rokan Hulu Polda Riau. Tekad mulianya mengajar baca tulis huruf latin dan metode Iqra’ suku Sakai mengantarnya menjadi Anggota Polri berprestasi. Upayanya ini juga mengantarnya lulus sebagai salah satu bintara Polri yang berhak mengikuti pendidikan SIP untuk menjadi salah satu perwira di Polda Riau tahun ini.

Upayanya dalam mengajar baca tulis suku Sakai ini dimulai bulan November 2012 lalu. Sekitar 97% suku ini tidak mengenal sekolah. Tahun 1998 suku ini disyahadatkan dan memeluk Islam secara massal namun mereka tidak mengenal baca tulis. Baru tahun 2012 Bripka Suheri merintis pendidikan untuk suku Sakai ini. Upayanya tentu saja tidak mudah. Puluhan anak didiknya adalah warga yang berusia 18 s/d 45 tahun bahkan beberapa diantaranya malah ada yang sudah berusia 50 tahun.
Bripka Suheri bahkan menggunakan penghasilan resminya dari dana remunerasi di Kepolisian untuk membeli buku buku Iqra’ untuk belajar baca Qur’an dan buku buku belajar huruf latin untuk murid muridnya. Beruntung sekali, isterinya, Ismaini, 34 tahun, mengikhlaskan dana remunerasi yang diterima suaminya setiap bulan untuk biaya pendidikan masyarakat suku Sakai ini. Kini sebagian besar murid muridnya sudah bisa membaca dan menulis walau muridnya yang sudah lanjut usia ada yang masih terbata bata dan masih mengeja karena faktor usia yang tidak lagi muda.
Tahun 2015 kemaren Kapolres Rokan Hulu Poda Riau, AKBP Pitoyo Agung Yuwono memberikan SIM gratis bagi murid murid Bripka Suheri yang telah pandai membaca dan menulis. Namun demikian upaya Bripka Suheri masih terkendala untuk mendapatkan ijazah paket A untuk murid muridnya. Kapolres AKBP Pitoyo sudah membantu pengurusan ijazah paket A namun masih terhambat di Dinas Pendidikan Kabupaten Rohul hingga saat ini.
Atas prestasinya ini Bripka Suheri Sitorus mendapatkan penghargaan dari Kapores Rohul, Kapolda Riau dalam acara HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli 2015, berturut turut juara 2 Kompolnas Award di Jakarta pada tanggal 28 Desember 2015 lalu dan juara 1 Film Dokumenter Kapolri Award Desember 2015 lalu. Dan kini Bripka Suheri dalam persiapan untuk melanjutkan pendidikan menjadi Perwira Polri di Jakarta dalam pendidikan SIP (Sekolah Inspektur Polisi).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »