Rekomendasi Polri Dalam Pengamanan Kompleks Parlemen

17:06

NTMC - Dalam gelaran rapat bersama Polri di Baleg Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/2/2016). Polri berikan saran dan masukan kepada Badan legislasi (Baleg) DPR terkait pembahasan masalah pengamanan kompleks parlemen.

Dalam hal tersebut, Kabaharkam Polri Komjen Putut Eko Bayuseno menyebutkan sarannya agar pengamanan gedung dipimpin oleh kepala satuan yang berasal dari Polri dengan personil Kepolisan berpangkat AKBP. Hal tersebut dimaksudkan bahwa Kepala satuan ini akan membawahi komandan unit yang membawahi kasubnit. Dalam operasionalnya nanti para komandan ini juga memberi pengawasan, pelatihan, reward and punishment bagi anggotanya yang melakukan pelanggaran dan berprestasi.

Tak hanya itu, Kapolri Badrodin Haiti pun menitipkan pesan agar sebaiknya kompleks parlemen yang luas ini dibentuk zona di lingkungan gedung DPR, MPR dan DPD. Zona area tersebut dibagi menjadi tiga bagian zonasi yakni zona, publik, terbatas dan khusus.

Komjen Putut pun menambahkan saran diadakannya pelatihan bagi masing-masing pengamanan dalam (pamdal) ini yang dibagi menjadi tiga bagian, serta perlu adanya CCTV yang mampu mengawasi dan memantau kompleks ini dengan command center dibawah kendali Polri. Penambahan alat kendaraan patroli seperti sepeda maupun golf car serta anjing pelacak pun diperlukan, rincinya.

Bilamana rekomendasi ini diterima, perlu adanya MOU dengan Kapolri untuk masalah pengamanan serta setelah itu pembentukan tim terpadu antara DPR, kepolisian, MPR dan DPD.

Tujuan pemberian saran tersebut, bertujuan untuk menjaga obyek vital negara dikarenakan di dalam kompleks parlemen berisi dokumen-dokumen penting negara dengan satu keamanan kompleks terpadu serta bukan semata-semata ingin membuat sekat antara wakil rakyat dengan rakyatnya. Namun hanya pengamanan bagi keluar masuknya pengunjung serta meminimalisir penyusupan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »