Dikyasa Satlantas Polres Purworejo Terus Gencarkan Pembinaan Lalulintas

21:19

NTMC - Kegiatan pembinaan cara aman, tertib, dan etika berlalu lintas oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Purworejo, Ipda Ida Wida Astuti terus digencarkan. Beragam materi disampaikan Ipda Ida secara teori dan praktik, antara lain pengenalan rambu dan Apill, kepemilikan SIM, dan safety riding.

Hal tersebut dilakukan lantaran kesadaran pelajar di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dalam berlalu lintas dinilai masih rendah. Hal itu dibuktikan dengan masih tingginya angka pelanggaran yang dilakukan pelajar dalam berkendara. Tidak sedikit pula korban kecelakaan di jalan raya berasal dari kalangan pelajar.

Menyikapi kondisi tersebut, bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa Tengah Unit Pelayanan Perhubungan (UPP) Wilayah Kebumen, gencar mengadakan pembinaan keselamatan berlalu lintas bagi pelajar di sejumlah kabupaten/kota. Di Purworejo, pembinaan dipusatkan di SMAN 1 Purworejo yang diikuti lebih dari 50 siswa sekolah setempat.

Pembinaan Keselamatan Bagi Pelajar merupakan program khusus yang diadakan secara bertahap untuk menumbuhkan kesadaran pelajar dalam berlalu lintas.

“Dengan terintegerasinya pendidikan lalu lintas dalam Mata pelajaran PKn diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran dan laka lantas yang dilakukan oleh pelajar,” ungkap Ipda Ida Wida Astuti.

Dijelaskan, untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam berlalu lintas, Satlantas Polres Purworejo selama ini telah gencar melakukan beragam terobosan. Salah satu yang rutin dilakukan antara lain bekerja sama dengan Dindikbudpora menjadi Inspektur upacara bendera hari Senin di sejumlah sekolah.

“Giat lain yang juga rutin seperti pembinaan PKS, Saka Bhayangkara, Police Goes to School, dan Binluh ke sekolah-sekolah,” jelasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »