Waspada, Modus Pencurian di ATM

14:59
NTMC POLRI - Pencurian yang sering terjadi pada anjungan tunai mandiri (ATM) dengan berbagai modus masih marak terjadi. Kali ini, seorang wanita menjadi korban dalam peristiwa tersebut, di mana kartu ATM yang hendak ia gunakan tidak bisa masuk ke mesin pengambil uang tersebut.

Setelah diselidiki, ternyata itu memang modus yang dilakukan pelaku. Yakni, sengaja mengganjal sesuatu di pintu masuk kartu ATM.

"Jadi modus 'ganjel' atm adalah cara para tersangka melakukan perbuatannya dengan memasang jebakan untuk mengganjal 'gate card' atau pintu masuk kartu ATM dengan tusuk gigi atau batang korek api," papar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Eko Hadi Santoso kepada wartawan, Jumat (20/5/2016).

Wanita yang enggan disebutkan namanya itu mengaku bahwa ATM-nya memang tertahan di pintu masuk kartu. Dalam keadaan panik, tiba-tiba saja datang dua orang pria tak dikenal yang ingin membantunya.

"Berdasarkan pengakuan korban, pada saat itu dua pria tersebut membantu mengeluarkan kartu ATM korban yang tertahan di pintu masuk itu. Dia enggak jadi ambil uang saat itu, tapi keesokan harinya dia baru sadar bahwa uangnya sudah berkurang," beber AKBP Eko.

Akibat kejadian tersebut, korban menelan kerugian hingga Rp20.900.00 juta. Ternyata, saat pria tersebut berupaya membantu, tanpa disadari saat itu juga ia sudah menukar ATM milik korban dengan ATM kosong.

Atas kejadian tersebut, ia pun melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya dan tertuang dalam LP/2426/V/2016/PMJ/ditreskrimum, tertanggal 18 Mei 2016.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »