Headlines News :
Home » , , , , , » Kakorlantas Tinjau Brebes, Kapolda Jateng Paparkan Kesiapan Jalur Mudik Idul Adha

Kakorlantas Tinjau Brebes, Kapolda Jateng Paparkan Kesiapan Jalur Mudik Idul Adha

Written By NTMC Blog on Sunday, 4 September 2016 | 17:56

 NTMC - Kesigapan Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi terkait prediksi akan datangnya lonjakan arus Mudik libur hari raya Idul Adha disertai momentum libur panjang akhir pekan pada Jumat (9/9/2016) mendatang, Kakorlantas bersama Kemenhub mengadakan giat diwilayah Brebes, Jawa Tengah, pada Minggu (4/9/2016).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi bersama Kemenhub Budi Karya dalam giatnya di Brebes turut didampingi oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kakorlantas.

Sebelumnya Kakorlantas sendiri bersama instansi terkait seperti Kemenhub, Kemen PUPR, Pertamina, dan TNI telah menggelar rapat koordinasi di NTMC Polri Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Rabu 31 Agustus 2016 lalu, Kakorlantas telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi macet parah di tol Brebes Timur Exit (Brexit).

Dalam giatnya hari ini Minggu(4/9/2016) di Brebes, Jawa Tengah, Kakorlantas bersama Kemenhub ingin meninjau sekaligus memastikan kesiapan tol Brebes Timur (Brexit). Kunjungannya untuk meninjau langsung kesiapan jalur pengendara jelang libur Idul Adha hingga pasca libur Idul Adha.

Setibanya di pintu Tol Brebes Timur, Menhub dan Kakorlantas kemudian langsung menyimak pemaparan rencana rekayasa lalu lintas selama masa libur itu yang disampaikan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di Brebes, Jawa Tengah memaparkan "Libur panjang Idul Adha dimungkinkan akan ada masyarakat yang pulang mudik dimana prediksi jatuh pada hari Jumat (9/9) jam 9 malam yaitu jam pulang kantor dan pada hari Sabtu".

"Terkait adanya sejumlah perbaikan jalan di Pantura dan tol di wilayah Jateng lebih tepatnya beberapa perbaikan di depan alun-alun Brebes ada pembangunan proyek jalan sekitar 500 meter dan juga sepanjang 900 meter pada jalur Pantura tepatnya di Batang, sejak h-5 akan diberhentikan terlebih dahulu", jelas Condro.

Hal tersebut telah kami kordinasikan. Sehingga ruas laju kendaraan dapat dilalui 4 lajur (beda tinggi jalan). Pengalihan arus akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Arus lalu lintas kita akan alihkan masuk tol Brebes Barat, keluar Brebes Timur, supaya tidak mengalami stack atau penumpukan dengan waktu yang cukup lama," imbuhnya.

"Apabila antrean di Brebes Timur mencapai 5 kilometer, kami sudah sepakat atau tepatnya di KM 263 di bawah fly over. Kesepakatan, kalau antrian sampai 5 kilometer Palimanan dan Ciperna harus ditutup total. Jadi yang di Ciperna alternatif ke selatan. Itu pintu terakhir," papar Condro.

Tak hanya itu, alternatif menggeratiskan tol pun akan dilakukan jika kondisi Pantura lancar. Kalau Panturanya macet, gratis pun sama saja. Kalau sudah lancar nanti kita kontak lagi supaya Palimanan, Majalengka dan Subang kalau ada penutupan, kita buka kalau sudah lancar," ungkap Condro.

Ditambahkan pula oleh Menhub  Budi Karya, dalam kunjungannya bersam Kakorlantas ini, untuk menegaskan rencana koordinasi yang akan dilakukan guna menekan angka kemacetan jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 12 September 2016.

"Dalam kesempatan ini saya sampaikan, kita memiliki sentral di kepolisian. Saya tegaskan rekan-rekan dari departemen perhubungan dan dinas perhubungan untuk koordinasi dengan comand center tersebut," urai Menhub Budi.

Dihadapan Kakorlantas serta Kemenhub, Condro sendiri mengaku pihak Polda Jateng telah siap menampung kendaraan yang akan datang dari Jakarta nanti. Dalam pelaksanaanya,Polda Jateng akan terus meningkatkan koordinasinya keberbagai pihak terkait.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger