Headlines News :
Home » , , » Kapolri Tingkatkan Kinerja Polda Dan Polres Dengan Naikkan Tipe Serta Tipologi

Kapolri Tingkatkan Kinerja Polda Dan Polres Dengan Naikkan Tipe Serta Tipologi

Written By NTMC Blog on Tuesday, 13 September 2016 | 18:15


NTMC – Setelah sebelumnya dua Polda yakni Polda Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara resmi menjadi Polda tipe A, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah menindak lanjuti terkait usulan Gubernur Irwan Prayitno yang meminta Polda Sumatera Barat (Sumbar) turut dinaikkan menjadi Polda Tipe A yang mana sebelumnya Tipe B.

Tak hanya Polda Sumbar, sejumlah Polda pun turut mengusulkan untuk kenaikan menjadi tipe A. Adapun usulan tersebut pada Polda Maluku Polda Lampung, Riau, dan Kepri.

Perlu diketahui, Polda Tipe A yaitu Polda Bintang Dua atau dipimpin seorang perwira tinggi bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen) dengan wakilnya berbintang satu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2016) selepas melantik kenaikkan pangkat 10 Perwira menerangkan, Usulan naik tipe telah diajukan. Polri sendiri memang ingin memperkuat Polda dan Polres. Jadi, tidak hanya kenaikan tipe Polda, untuk Polres pun juga akan ada kenaikan tipologi, seperti di Bogor dan Sidoarjo.

Lebih jauh, Tito mengatakan saat ini Polri juga mengajukan penambahan Polres ke Kementerian PAN dan RB berjumlah 26 Polres. Hal tersebut didasari karena terdapatnya kabupaten baru, keluasan dan kerawanan wilayahnya dan lain-lain.

Dari pengajuan penambahan Polres, Tito menuturkan persetujuan penambahan Polres baru tujuh Polres. saat ini ada hampir 500 Polres dan 5000 Polsek di seluruh Indonesia.

Tito menegaskan, usulan kenaikkan tipe serta penambahan polres ini guna mengakomodir supaya perwira tinggi (Pati) Polri lebih didorong bertugas di Polda-polda maupun Polres. Sehingga meminimalisir para perwira singgah di Mabes. Hal tersebut diharapkan pula dapat meningkatkan produktivitas Polri dengan meletakkan anggota di tengah-tengah masyarakat agar lebih dekat pada masyarakat serta dipercaya masyarakat.
Share this article :

0 comments:

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger