Upacara Pelepasan Jendral Budi Gunawan

09:21
 
NTMC POLRI - Jenderal Pol Budi Gunawan tak lagi bertugas sehari-hari di Mabes Polri. Usai dilantik Jumat pekan lalu, ia berkemas untuk menempati ruang Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Mabes Polri melepas Budi Gunawan dengan serangkaian seremoni di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Rabu (14/9/2016).

Tempat yang sama acara pisah sambut Kapolri dari Jenderal (Purn) Badrodin Haiti menjadi Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Prosesinya pun disebut ada kemiripan, salah satunya mengarak Budi Gunawan hingga ke gerbang PTIK sambil diiringi lagu mars kepolisian dan taburan bunga. Saat pisah sambut Kapolri, Badrodin pun diarak.  

"Mirip seperti itu acaranya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Pol Agus Rianto.

Agus mengatakan, acara pelepasan ini sudah tradisi dari masa ke masa. Sementara itu, saat Badrodin melepas jabatan Wakapolri, tak ada seremonial serupa. 

Hal tersebut dikarenakan Badrodin masih aktif di kepolisian. Sementara Budi Gunawan meski berpangkat jenderal aktif, tapi penempatannya bukan lagi di Mabes Polri.

"Acara ini untuk dapat mengenang pengabdian dan bisa dijadikan dorongan motivasi bagi kami sebagai generasi penerus beliau," kata Agus.

Budi Gunawan dilantik sebagai Kepala BIN pada Jumat (9/9/2016) lalu. Seiring dengan pengangkatannya, bekas Kapolda Bali ini mengalami kenaikan pangkat menjadi jenderal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »