Pembuatan Jalur Selata

12:36
 

BANDUNG (bisnis-jabar) – Jawa Barat akan membuka jalur selatan selatan yang menghubungkanPangandaran, Ciamis langsung ke Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi untuk mengembangkan daerah selatan Jabar.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar M Guntoro mengatakan untuk membuka jalur baru ini pihaknya akan membebaskan lahan sepanjang 400 kilometer agarjalan horizontal selatan selatan sejajar.

“Sekarang kita sudahbebaskan 11,5 hektare di Rancabuaya, Garut untuk jadi kawasan ekonomi,” katanya di kantor Bina Marga Jabar baru-baru ini.

Jika jalur ini rampung menurut Guntoro bisa menyambungkan titik-titik sentra produksi, wisata, pusat-pusat ekonomi yang selama ini sulit diakses. Jalur selatan masuk dalam Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Jabar dimana PKN selatan akan berpusat di Palabuhan Ratu dan Pangandaran. Jabar sudah memiliki PKN yang semuanya ada di wilayah utara dan tengah yakni Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), Bandung Raya dan Cirebon Raya.

“Agar pengembangan PKN nyaman karena itu dibuka jalur selatan selatan dekat jalur yang sudah eksisting,” katanya. Agar proyek infrastruktur ini berjalan mulus, provinsi akan mengambil alih sejumlah ruas jalan kabupaten dan meningkatkannya menjadi jalan strategis provinsi (SPR) yang saat ini mencapai 336 kilometer.

Menurut Guntoro, jalan-jalan kabupaten tersebut berada di Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cianjur hingga Sukabumi. Pemerintah daerah menurutnya kesulitan melakukan pemeliharaan karena memiliki keterbatasan anggaran.“Selain jalan, ada 167 jembatan yang akan dikelola provinsi,” katanya. Saat ini pihaknya tengah melakukan kajian jalur-jalur tersebut untuk diproses dan diusulkan. 
Sumber : bisnis-jabar

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »