Pengaturan Ulang Trayek Bus

12:38
 

BANDUNG : Pengaturan ulang sejumlah trayek bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang dilakukan Dinas Perhubungan Jawa Barat dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) sudah memasuki tahap finalisasi.

Menurut Dicky Saromi, Kepala Dinas Perhubungan Jabar kocok ulang trayek yang digagas pihaknya bersama Organda sudah memasuki tahap finalisasi. “Ada beberapa trayek yang harus kita revisi, secara regulasi maupun teknis,” kata Dicky hari ini.

Rencana ini didasari oleh fakta di lapangan bahwa trayek angkutan umum saat ini tumpang tindih. “Terutama trayek nasional, regional dan lokal,” katanya. Keadaan ini menyebabkan implikasi yang besar seperti mengakibatkan kemacetan, dan ketidaknyamanan dan keamanan penumpang.

Penataan trayek, menurut Dicky, akan dilakukan pada rute bus AKDP Bandung-Jakarta-Sukabumi juga sebagian Bandung-Cirebon. “ Di situ hampir ada 300 trayek, yang akan kami integrasikan dengan pemerintah pusat,” katanya.

Rencana ini, menurutnya, disambut positif para pengusaha bus. “Dari sisi daya angkut, bus semakin menurun,” katanya. Dari armada yang ada, jumlah load factor yang layak bisa mencapai angka 70%. “Sekarang susah sekali mencapai angka itu,” katanya.(

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »