Hari Ini Ribuan Demonstran Padati Jakarta

09:33
Jakarta-Hari ini diperkirakan sebanyak 4000 orang akan memadati Istana Merdeka, Bunderan Hotel Indonesia dan juga di depan Gedung DPR/MPR RI. Tibuan massa tersebut berencana menggelar aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Sementara, dari keterangan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan jumlah tersebut bisa bertambah sebab ada juga kelompok pengunjuk rasa yang tidak memberitahu kepada aparat kepolisian.

"Massa hari ini yang mendominasi adalah buruh. Yang paling besar yaitu Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di Tangerang yang jumlahnya 500-1000 orang," ujar Rikwanto, Kamis 29 Maret 2012.

Sedangkan di depan gedung DPR, diperkirakan ada 500 buruh yang akan menyampaikan orasinya. Lalu di depan Istana Negara tepatnya di Monumen Nasional, aksi unjuk rasa dilakukan oleh Hizbut Tahrir yang jumlahnya mencapai 1000 orang. Sebelum ke Istana, massa Hizbut Tahrir nantinya akan berkumpul terlebih dahulu di Bundaran Hotel Indonesia.

Selain itu, buruh juga akan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian BUMN yang jumlahnya sekitar 300 orang. Aksi unjuk rasa hari ini juga dilakukan oleh elemen mahasiswa. Kosolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) berencana akan kembali turun ke jalan memprotes kenaikan harga BBM. Jumlah massa diperkirakan 100-200 orang. Mereka akan memulai aksinya di depan kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sekitar pukul 14.00.

"Rencana demo besar yang terjadi hari ini tampaknya menyusut karena massa terpecah bimbang akan melakukan aksi hari ini atau besok," kata Rikwanto.

Untuk pengamanan sendiri, sebanyak 22 ribu personel gabungan polisi dan TNI akan mengawal unjuk rasa dan mengamankan objek vital yang menjadi sasaran demonstran.

"Kalau untuk penanganan demo  tetap kami siagakan sampai tanggal 5 April 2012 nanti. Personelnya  itu 22 ribu gabungan Polri dan TNI tidak ada penambahan," kata dia.

Petugas juga akan ditempatkan di SPBU dan jalur-jalur distrubusi BBM seluruh Jabodetabek.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »