Polda Bentuk "Satgas Lancar" Antisipasi Macet dan Banjir

12:20

 
JAKARTA- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerjunkan tim khusus untuk dikerahkan saat lalu lintas memburuk ketika banyak ruas jalan digenangi air hujan.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, mengatakan tim khusus ini diberi nama satgas lancar dan dibentuk untuk mengantisipasi banjir. Mereka terdiri dari 100 orang polantas yang menggunakan sepeda motor.

Tim khusus ini, kata Wahyono bertugas membantu saat kemacetan sudah parah. Meski satgas lancar baru dibentuk, keberadaan tim ini diharap bisa mengurai kemacetan.

Polda Metro Jaya mencatat, ada 97-100 titik jalan yang rawan banjir di Jakarta Depok, Tangerang dan Bekasi. Jika banjir itu datang, pihaknya sudah membuat rekayasa lalu lintas pengalihan arus bila di lokasi itu banjir dan mengakibatkan kendaraan tidak bisa melintas.
Pengalihan arus sifatnya situasional, tidak semua titik ketika hujan turun lalu berdampak pada banjir. Yang pasti, Polda ingin pengalihan arus dengan cara yang tepat.

"Jangan sampai pengalihan arus dilakukan namun malah ruas jalan yang dijadikan alternatif tergenang air juga. Dan jika genangan sudah terlihat dan sulit untuk dilalui kendaraan," jelas Wahyono.
Tingginya curah hujan di Jakarta yang terjadi selama sepekan ini sempat menyebabkan sembilan kecamatan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Tangerang, tenggenag air. Kebanyakan banjir disebabkan karena air sungai yang meluap.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »