Buruh PT Sinar Abadi Mogok Kerja

11:59
Tuntut Perbaikan Tunjangan
Buruh PT Sinar Abadi Mogok Kerja
Rabu, 06 Juni 2012 10:32:48 WIB
Sidoarjo- Ratusan buruh PT Sinar Abadi Jalan Raya Brigjen Katamso Janti Waru, mogok kerja. Para buruh menuntut perbaikan tunjangan normatif yang dinilai banyak merugikan buruh.

Mereka berjajar melakukan aksi di depan pabrik menghadap ke jalan raya. Mengantisipasi adanya pemblokiran jalan atau aksinya mengganggu lalulintas, sejumlah aparat berjaga di sepanjang jalan.

Para buruh pabrik produk kaleng itu juga membentangkan spanduk yang berisi tuntutan, diantaranya menolak PHK sepihak seperti yang dilakukan terhadap Bambang ketua PUK SPSI PT sinar Abadi, berikan hak jamsostek untuk buruh dan lain sebagainya.

Menurut Ahmad Mulyadi pengurus DPC SPSI Sidoarjo, buruh menuntut adanya perbaikan Jamsostek untuk buruh. Selama ini, ucap pengurus bidang LEM itu, jamsostek yang diberikan kepada buruh, hanya tiga paket. Yakni jaminan hari tua, kecelakaan dan kematian. "Untuk jamsostek kesehatan, belum ada jaminan," ucapnya, Rabu (6/6/2012).

Dia mengemukakan, buruh yang ijin sakit tidak masuk kerja, tidak diganti jika tidak ada resume medik. Ini juga dinilai merugikan buruh. "Mestinya, kalau memang buruh sakit, harus ditolelir oleh perusahaan. Tapi yang terjadi di PT Sinar Abadi, tidak demikian," terang dia.

Dalam tuntutan buruh ini, beberapa kali dilakukan pertemuan antara manajemen, buruh dan pemerintah. Namun beberapa kali pertemuan, menemui jalan buntu atau tidak ada kesepakatan. "Buruh akan terus mogok, sampai tuntutannya dipenuhi perusahaan," tegas dia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »