"Kami terus mengoptimalkan pelayanan BPKB one day service yang dilakukan secara cepat, tepat, dan akuntabel. Seluruh jajaran pelayanan BPKB bekerja secara profesional dan cepat dengan standar sertifikat ISO 9001-2008," Ujar Kepala Seksi BPKB Polda Metro Jaya Kompol Iwan Saktiadi SIK.
"Dari optimalisasi inilah akhirnya kecepatan pelayanan dapat ditingkatkan. Untuk BBN 1 atau Kendaraan Baru kini penerbitan BPKB hanya butuh waktu 60 menit. Ini sekaligus menjadi momentum dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-66 yang diaplikasikan dalam Bulan Bhakti Pelayanan Prima 2012," terangnya.
Diterangkan Kompol Iwan, cepatnya proses pelayanan BPKB saat ini tidak terlepas dari adanya peningkatan inovasi yang digalakkan secara kontinyu di setiap loket pelayanan. Dia mencotohkan, pada proses entri data, pengerjaannya sudah digitalisasi dan on line langsung dengan agen tunggal pemegang merek (ATPM). Selain itu, proses verifikasi juga telah menggunakan sistem barcode.
"Untuk entri data, dengan adanya digitalisasi proses dan on line dengan ATPM, memudahkan petugas BPKB untuk mengambil data yang sudah dimasukan di ATPM dengan tetap terjamin validasi keamanannya. Dan akhirnya, entri data untuk satu permohonan BPKB baru pun membutuhkan waktu tidak lebih dari satu menit. Sudah cepat, akurat pula," papar Kompol Iwan.
"Adapun hal yang mempercepat pelayanan lainnya adalah proses verifikasi dengan barcode. Selain itu, untuk BBN I, penandatanganan pengesahan BPKB juga sudah digitalisasi dengan dilengkapi keamanan stampel konvensional," tambahnya.
Selanjutnya, semua proses pengerjaan pada pelayanan BBN 1 juga termonitor dalam satu komputer. Artinya, berapa berkas yang sudah mendaftar, masuk pada proses entri data, verifikasi, print (cetak), dan pengesahan dapat termonitor setiap saat. Dari profesionalitas tiap unit kerja inilah lantas didapat kecepatan, keakuratan, dan akuntabilitas hasil.