Daerah Gowa Kekurangan 3.000 Plat Kendaraan

10:57
 


Sebulan terakhir stok plat atau nomor kendaraan mengalami kekurangan dihampir semua wilayah di Indonesia.
Sama halnya Kabupaten Daerah Gowa. Dari keterangan Kepala Samsat Gowa, Iptu Abdul Aziz terjadinya keterlambatan masuknya plat membuat ribuan kendaraan di Gowa terpaksa menunggak tanpa plat.
"Yang menunggak plat kendaraan itu kurang lebih ada 3.000 masuk.  85 persen untuk plat kendaraan roda dua dan 15 persen untuk roda empat," paparnya.

Keterlambatan plat di Gowa sudah dimulai Oktober-November. Namun untuk pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Aziz mengaku aman.

Dalam sebulan Samsat Gowa mengeluarkan kurang lebih 2.000 plat kendaraan.  Dan selama tahun 2013 sudah mencapai 20.000 plat.

Aziz juga menambahkan untuk pembuatan stnk dan penomoran kendaraan baru, terjadi peningkatan permintaan lima persen dibanding tahun lalu. Sedangkan jumlahnya dirinya mengaku belum mengkalkulasikan.

Kosongnya ketersediaan plat di Gowa membuat sebagian warga mencari solusi dengan memesan diluar. Dari informasi yang dihimpun tribun dari pembuat plat kendaraan, Jl. Andi Mallombasang, Daeng Nai mengatakan pemesanan plat kendaraan ditempatnya mengalami kenaikan.

"Kalau hari biasanya paling lima plat, tapi sekarang sampai 10 plat orang pesan. Saya juga tidak tau kenapa. Baru tau juga kalau katanya plat dikantor samsat kosong," paparnya.

Sementara itu, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulselbar, Kompol Anggi Siregar yang dikonfirmasi tribun menjelaskan untuk pembuatan plat diluar samsat, pihaknya belum mengeluarkan kebijakan apakah diperbolehkan atau tidak." Kalau sekarang belum ada kebijakan terkait boleh tidaknya membuat plat dilluar selama stok kosong, tapi yang pasti kami memohon maaf untuk kekosongan ini. Di Mabes Polri masih dalam proses pengadaan. Kami usahakan secepatnya membahas jalan keluarnya kekosongan stok ini," ujar Kompol Anggi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »