Posisi CVR AirAsia QZ8501Telah Diketemukan

11:30
 
NTMC - Melalui semangat juang yang tak kenal lelah dalam misi kemanusian ini, Tim SAR berhasil mengangkat Flight Data Recorder (FDR) AirAsia QZ8501. Posisi Cockpit Voice Recorder (CVR) yang juga merupakan bagian dari black box juga berhasil ditemukan.

"CVR masih di dasar, sudah diketahui tempatnya," kata Ketua Investigator KNKT untuk AirAsia Mardjono Siswosuwarno, Senin (12/1/2015).

Mardjono mengatakan, saat ini FDR sudah diangkat dan berada di kapal SAR. KNKT masih menunggu CVR diangkat. "(CVR) mau diangkat," ucap Mardjono.

Rencananya kedua bagian black box itu akan diserahkan kepada Ketua KNKT Tatang Kurniadi untuk dianalisa. "Saya harapkan nanti (black box) dibawa ke Jakarta," ujarnya.

Marsekal Madya FHB Soelistyo menyebut FDR ditemukan di bawah puing sayap pesawat dan sudah diangkat oleh tim SAR.

Black box terdiri dari dua peranti yaitu CVR dan FDR. Pada umumnya CVR berukuran 30 x 12,5 cm. Alat ini untuk merekam percakapan pilot, kopilot, pilot dengan ATC, serta para awak pesawat. Sedangkan yang satunya bernama Flight Data Recorder (FDR) berukuran lebih panjang, 49 x 12,5 cm. Alat ini merekam data-data teknis pesawat seperti ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, auto pilot dan lain-lain. Ada 5 sampai 300 parameter data penerbangan yang direkam dalam black box ini.

Durasi perekaman untuk CVR adalah 30 menit. Maksudnya setiap 30 menit data percakapan akan terhapus dan diganti dengan yang baru secara otomatis. Sedangkan FDR mempunyai durasi rekaman hingga 25-30 jam. Artinya setelah 25-30 jam, data akan terhapus dengan sendirinya. CVR dan FDR ini akan hidup secara otomatis apabila mesin pesawat dihidupkan.

Di dalam black box juga terdapat underwater locator beacon (ULB). Nah, jika black box ini jatuh ke laut, karena ada ULB maka posisinya bisa terdeteksi. ULB ini merupakan transmitter yang akan memancarkan gelombang akustik untuk memudahkan pendeteksian.

Black box sengaja didesain untuk tahan air, tahan benturan, dan tahan panas. Benda ini bisa tahan air sampai dengan 2 bulan. Kalau black box rusak itu artinya rusak luarnya. Memorinya tidak

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »