Perayaan Internasional CFD Beberapa Ruas Jalan Ibu Kota Ditutup

11:45


NTMC - Peringatan Internasional Car Free Day (CFD) yang akan diselenggarakan pada Minggu 27 September 2015 sejak pukul 06.00-11.00 WIB akan menutup sejumlah ruas jalan di Ibu Kota. Peringatan tersebut dibarengi dengan perayaan 13 tahun CFD Indonesia.

Inisiator CFD Jakarta, Ahmad Safruddin mengatakan, sejumlah ruas jalan yang akan ditutup untuk memperingati hari bebas kendaraan bermotor mulai dari Jalan Abdul Muis arah Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Museum, Jalan Majapahit, dan Harmoni, serta Jalan Kebon Sirih.

"Lalu Jalan Imam Bonjol, Jalan Teluk Betung sampai jalan dekat Ratu Plaza, kalau kita istilahnya Bandung 12 di Tugu Pemuda. Sepanjang jalan itu kita akan lakukan penutupan di sekat-sekat jalan. Dari Jalan Imam Bonjol yang mengarah ke Tosari atau Dukuh Atas tetap kita akan tutup jadi kita arahkan Imam Bonjol untuk lurus tidak bisa masuk ke jalur Jalan Sudirman," kata Ahmad di Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Selain itu, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan juga akan ditutup kendati terbatas. Penutupan terbatas ini dilakukan karena adanya masyarakat dari Komunitas Alzaimer yang akan ikut memeriahkan peringatan CFD. Kemudian, di Medan Merdeka Barat terkait dengan adanya kegiatan lari rata-rata 10 km sehingga akan dilakukan pembatasan di jalur tersebut.

"Pembatasan jalan ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT. Transjakarta untuk melakukan stop operasi sementara selama kegiatan lari maraton 10 km itu dilaksanakan kemungkinan di atas jam 10 atau jam 11 baru mulai beroperasi," ujarnya.

Penerapan Car Free Day (CFD) di Jakarta merupakan amanah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Hal itu terus dilakukan karena modal utama dalam membangun karakter masyarakat dalam penggunaan kendaraan bermotor.

Melalui perayaan CFD yang ke-13 tahun di DKI Jakarta, diharapkan warga Ibu Kota bisa bijaksana dalam melakukan perjalanan sehingga tidak menambah beban pencemaran dan kemacetan.

"CFD Jakarta yang dicetuskan 22 April 2001 akan dirayakan bersama dengan perayaan Internasional CFD yang sebetulnya jatuh pada tanggal 22 September 2015. Namun puncaknya akan dirayakan di Jakarta, sebab Jakarta merupakan perintis CFD di Asia Pasifik," pungkasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »