Kedisiplinan Berkendara Masyarakat Babel Masih Rendah

23:06
Bangka-Dalam mewujudkan masyarakat sadar berlalu lintas bukan hanya menjadi tugas pihak kepolisian lalu lintas (Polantas) ataupun Dinas Perhubungan saja, melainkan seluruh elemen masyarakat terutama individu yang bersangkutan karena meskipun petugas sudah sering melakukan penilangan atau peringatan, jika mereka tidak mau melaksanakannya maka akan sia-sia.

Apalagi tingkat kedisiplinan dan kesadaran masyarakat di Provinsi Babel khususnya di Kabupaten Bangka ketika mengendarai kendaraannya di jalan raya masih sangat rendah karena dipengaruhi faktor budaya serta kebiasaan mereka.

Bukti masih rendahnya tingkat kedisiplinan dan kesadaran masyarakat berlalu lintas dapat dilihat dari kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terus meningkat setiap tahunnya karena para pengendara sering kebut-kebutan dan mendahului kendaraan lain di sepanjang jalan yang sudah terdapat peringatan dilarang untuk mendahului.

Kebiasaan seperti ini diperparah lagi dengan kondisi jalan yang semakin mulus karena pemda terus berupaya melakukan pembangunan dan peningkatan jalan sehingga dimanfaatkan masyarakat khususnya para kaula muda untuk kebut-kebutan dan pada akhirnya menelan korban jiwa.

Kepala Dishubkominfo Bangka, Adi Purnomo, mengatakan melalui upaya penambahan pemasangan lampu merah tersebut diharapkan ke depannya merupakan salah satu langkah tepat yang diambil pemda dan pihak DPRD Kabupaten Bangka dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat di jalan raya untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Saya berharap usulan anggaran dana pengadaan dua unit lampu merah itu dapat disetujui para pengambil kebijakan terkait untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bangka yang disiplin dan taat di jalan raya," ujar Adi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »