Jembatan Asemrudung Ambrol

11:06
 


Jembatan Asemrudung di Kecamatan Geyer, Grobogan, ambrol karena tidak kuat menahan beban ketika dilewati truk bermuatan material batu kricak (koral). Beruntung sopir truk bernama Purwanto (30) asal Nglekong Asemrudung selamat hanya mengalami lecet. Sedangkan truknya ringsek karena terjungkual ke dasar sungai sedalalam 20 meter.

Untungnya sungai tidak ada airnya. Saat ini akses jalan dari Asemrudung ke Kota Purwodadi putus total. Jika ingin ke Kota Purwodadi. warga harus memutar melalui Monggot yang jaraknya tiga kali lipat, ujar Tulus (28), warga setempat.

Dijelaskan, sebelum ambrol, kondisi jembatan Asemrudung sudah memprihatinkan. Salah satu besi penopang jembatan yang dibangun pada 1989 tersebut miring dan melengkung. Kontruksi lagur dan landasan terbuat dari kayu jati, sedangkan pilarnya terbuat dari cor beton.Saat ini warga tengah membuat jembatan darurat terbuat dari bamboo dan kayu. Hanya saja, lebar jembatan hanya satu meter, sehingga tidak bias dilewati kendaraan roda empat.

Kepala Dinas Bina Marga Grobogan Ir Nurwanto MSi akan segera mengecek kondisi jembatan yang ambrol tersebut. Diakuinya, jembatan Asemrudung sudah berumur tua dan sering dilewati kendaraan berat jenis truk pengangkut material dan kayu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »