Betonisasi 13 Ruas Jalan Jakarta

16:05
KEMBANGAN – Tiga belas lokasi jalan di Jakarta Barat akan dibetonisasi pertengahan Januari 2012. Ketiga belas proyek itu yaitu di
  1. Jl.Peternakan 
  2. Jl.Semanan Raya
  3. Jl.Satu Maret
  4. Jl.20 desember
  5. Jl.Kamal benda
  6. Jl.Manyar Lanjutan
  7. Jl.Tanjung Pura
  8. Jl.Warung gantung
  9. Jl.Pondok Randu
  10. Jl. Inspeksi Kali Sodetan Kalisekretaris
  11. Jl.Pos Pengumben Lama
  12. Jl.Lintas Kavling (Jl.Menara) dan 
  13. Jl.Menceng Raya, lebar jalan antara 3,2 meter sampai7 meter sedang panjang jalan antara 216 meter sampai 2 Km lebih.
”Proyek ini dari 38 paket betonisasi yang diusulkan melalui Anggaran Biaya Tambahan (ABT) senilai Rp 15 miliar.”jelas Yusmasda.

Pelaksana pekerjaan akan dilakukan serentak diperkirakan 3 sampai 4 bulan selesai. Disesuaikan dengan masa waktu kontrak proyek. Jika melebihi dari kontak waktu, pemborong dapat dikenakan pinalti 1/1000 dari nilai kontrak dan jika melebihi waktu sampai 50 hari, selain pekerjaan diputus,pemborongnya akan diblack list, tidak bisa lagi mengikuti tender selama 2 tahun.

Kecuali ,kata Yusmada,jika terjadi bencana alam seperti banjir dan lain-lain mengakibatkan proyek itu tidak dapat dilanjutkan atau harus ditunda, ada peraturan khusus. Namun yang jelas dengan adanya pekerjaan ini, lalulintas yang biasa menggunakan jalan tersebut akan terganggu. “Adaya penutupan atau pengalihan jalan kami sudah mengkoordinasikan dengan Sudin Perhubungan serta Satlantas.”katanya

Dari 5,7 juta meter persegi total luas jalan di Jakarta Barat, sekitar 3,9 persen atau 178.000 meter persegi di antaranya rusak dan beberapa lokasi sudah diperbaiki pada tahun 2011. Proyek betonisasi yang akan dilakukan karena selain digenangi air juga akibat beban berat angkutan barang yang melalui jalan tersebut. Banyak perubahan yang semula tempat pemukiman berubah menjadi pergudangan , sehingga dilintasi angkutan barang melebihi tonase. Selain tidak berfungsinya saluran air.”jelasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »