Sisi Jalur Busway Akan Dipasang Pagar

12:24

ilussisi
JAKARTA - Banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan Bus Transjakata mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memasang pagar di sisi jalur busway. Nantinya, pagar itu akan memisahkan antara jalur busway dengan kendaraan lain. Saat ini, pemisahan jalur hanya menggunakan separator.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengkaji untuk memberi keamanan kepada masyarakat terkait jalur busway. Ada kemungkinan, jalur busway akan segera dipasang pagar.

“Sedang dipelajari pengamanan yang baik untuk busway. Ada pemikiran mungkin kita akan pasang pagar di sepanjang jalurnya,” ujar Fauzi Bowo, saat mengunjungi kediaman keluarga Adam, yang tewas tertabrak bus Transjakarta, di Jl Mampang Prapatan VI RT 002/03.

“Nanti kalau kita sudah pasang, warga juga menjaga. Jangan kalau kita pagar malah pagarnya digergaji,” pintanya. “Karena secara otomatis juga pasti akan ada penambahan jembatan penyeberangan.”

Selain itu, Fauzi juga sudah memperingatkan kepada pengemudi Bus Transjakarta agar lebih berhati-hati, terutama di titik-titik rawan. “Kecepatan harus dibatasi untuk daerah-daerah yang memang banyak pejalan kaki. Terutama di daerah Buncit yang telah sering terjadi kecelakaan,” ucapnya.

Fauzi menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang sangat dalam kepada Herawati, ibunda Adam, Fauzi bersama para ulama dan tokoh masyarakat membacakan doa untuk korban. “Saya ke sini untuk mengungkapkan rasa dukacita untuk keluarga korban. Semoga keluarga diberi ketabahan dan kekuatan menerima cobaan ini,” ujar Fauzi.


Fauzi Bowo yang akrab disapa Bang Foke itu juga memberikan santunan kepada keluarga korban. Sedangkan untuk kebijakan santunan dari BLU Transjakarta, dirinya belum mengetahui. Adam ,10, tewas setelah tertabrak Transjakarta JTM 029 bernopol B 7050 IX, Jumat (13/7) siang saat menyeberang di Jl Mampang Prapatan. Adam tewas di lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan. 


Massa yang geram melihat kejadian tersebut kemudian merusak Transjakarta, sehingga seluruh kaca bus tersebut pecah dan bodinya hancur.


Sumber: Poskotanews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »