Perlunya Pembinaan Untuk Anggota Geng Motor

13:00





Jakarta - Hasil kegiatan dalam ultah HDCI ke- 50 ini masih mengomentari permasalahan kejahatan yang didalangi anggota geng motor semakin marak akhir-akhir ini. Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna menghimbau agar anggota geng motor ini diberikan wadah sehingga tidak melakukan hal-hal yang negatif.

"Makanya kepolisian ini harus masuk di semua klub dan mengarahkan dan membina, inikan mereka punya adrenalin yang besar, jadi harus kita arahkan," kata Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna, di Ulang Tahun Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ke-50, SCBD, Jakarta, Kamis (6/6/13).

Nanan mengatakan, anggota geng motor harus diarahkan ke hal-hal positif sedangkan mereka yang bertindak kriminal tetap harus ditindak tegas. "Kita harus mengarahkan ke hal yang lebih positif," katanya.

Nanan juga meminta agar mansyarakat membedakan antara geng motor dan klub motor. Menurutnya klub motor memiliki kegiatan positif seperti kegiatan olahraga, touring dan kegiatan sosial. "Sedangkan geng motor adalah mereka yang membuat kenakalan atau kriminal yang menggunakan motor," katanya.

Nanan mengatakan, tugas klub motor dan masyarakat adalah membuat wadah agar anggota geng motor mau masuk kedalam klub-klub motor. Nanan mengatakan salah satu contoh berhasil pembinaan model ini adalah pembalap Rafid Topan yang awalnya pembalap jalanan.

"Itu dulu adalah pembalap jalanan, dia anggota geng motor yang di Priok, sekarang pembalap profesional," katanya.

Nanan mengatakan, saat ini juga ada program antara Menpora dan juga kepala-kepala daerah untuk mewadahi anggota-anggota geng motor. Dalam program itu setidaknya kepala daerah akan membuat sirkuit di tingkat kabupaten.

"Jadi anggota geng motor yang punya nyali ada kanalisasinya," katanya.

Nanan mengatakan, dengan adanya balapan resmi itu maka anggota geng motor yang hobi kebut-kebutan dapat menyalurkan hobinya secara positif. "Kita harap mereka, anggota geng motor bisa dimasukkan ke situ, jadi tahun ini 195 even kita buat ada motor dan reli. Kita berharap semua adrenalin anak muda itu kita wadahi atas even itu, baik lokal, Asia dan internasional," katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »