Siapa Pilihan Balon Kapolri 2013?...

13:27

Jakarta - Kepala Negara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencana akan mengganti Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo tahun ini, bersamaan dengan pergantian Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono. Menurut Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna, Kamis (6 /6/13), bahwa hanya ada tiga orang yang berhak menduduki jabatan kapolri.

"Yang jelas calon kapolri bintang tiga. Sekarang hanya ada tiga, Anang Iskandar, Budi Gunawan, dan Sutarman. Ya, tiga itu," kata Nanan di acara "Silaturahmi dan Tumpengan" dalam rangka memperingati HUT Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ke-50 di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/13).

Status saat ini untuk Komisaris Jenderal Sutarman menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian RI, Komisaris Jenderal Budi Gunawan saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol), sedangkan Komisaris Jenderal Anang Iskandar saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional.

Namun, Nanan menjelaskan, tak menutup kemungkinan untuk calon lain yang belum berbintang tiga, tetapi sudah ditunjuk menjadi kapolri, seperti Timur Pradopo kala itu.

"Ya, kami serahkan pada kebijakan. Tapi, kami berharap, terpilih kapolri yang terbaik, buat polisi, buat Indonesia. Tidak penting siapa saja," kata dia.

Penggantian kapolri ini, menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, tidak terkait kasus penyerangan Lapas Cebongan di Sleman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

"Jangan salah paham. Jangan dikaitkan dengan hal-hal lain, tidak ada kaitan dengan kasus Cebongan atau yang lain," kata Julian, beberapa waktu lalu.

Julian menjelaskan, pergantian ini dilakukan Presiden atas pertimbangan yang matang. Salah satunya, terkait persiapan penyelenggaraan pemilu 2014. Menurut dia, Presiden ingin menjaga efektivitas penanganan keamanan, khususnya dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2014.

Jenderal (Pol) Timur Pradopo mulai menjabat Kepala Polri pada 22 Oktober 2010. Dia menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Pria kelahiran 10 Januari 1956 itu sedianya akan memasuki masa pensiun pada Januari 2014.

Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »