Waspadai Longsor dan Jalan Sempit Bagi Pemudik Jalur Subang-Sumedang

15:16
NTMC POLRI - Pemudik dari arah Jabodetabek yang memilih melintas jalur alternatif mudik area Jabar rute Subang-Sumedang via Tanjungmedar-Sumedang Selatan agar waspada. Di jalur ini ruas jalannya sempit dan rawan longsor. Bekas longsor terjadi di beberapa titik hampir memakan setengah badan jalan, namun kondisinya sudah diperbaiki. Selain itu, ada beberapa pembatas jalan yang ambles.


"Ada beberapa bekas longsoran yang sudah di perbaiki dan harus diwaspadai pemudik. Jalur tersebut kerap digunakan pemudik dari Jakarta via Subang-Sumedang," kata Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata, Rabu (21/6).

Hari mengungkapkan, jalan tersebut menjadi jalur alternatif mudik tujuan Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon hingga Jawa Tengah. "Kepada pemudik yang melintasi jalur tersebut untuk berhati-hati karena di wilayah tersebut rawan longsor apabila terjadi hujan," jelas Hari.

Pantauan lainnya, selain ada beberapa titik longsoran, kontur jalan di jalur tersebut naik turun, berkelok dan memiliki banyak tikungan. Banyak jalan rusak dan aspal tambalan jalan terkelupas, sehingga jalan menjadi tidak rata.

Pemudik jangan memaksakan diri saat kondisi ngantuk atau lelah. "Beristirahatlah setiap empat jam sekali. Kemudian lakukan pengecekan kendaraan seperti rem, ban, air radiator," ujar Hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »