Jembatan Nyanyi Ambrol Jalur Badung - Tanah Lot Terputus

13:58
06 Juni 2012 | BP

Jalur wisata dari Desa Canggu, Badung menuju Tanah Lot, Kediri, terputus, Selasa (5/6) kemarin. Penyebabnya, jembatan di Banjar Nyanyi, Beraban yang menghubungkan dua kabupaten tersebut ambrol. Gorong-gorongnya jebol sehingga membahayakan pengendara. Perjalanan wisatawan akhirnya dialihkan memutar.

Perbekel Beraban, Wayan Sumawa mengatakan, kerusakan jembatan itu sudah berlangsung lama. Namun, baru kemarin dilakukan perbaikan. Hal itu lantaran kondisi jembatan sudah tak layak pakai. "Sesuai izinnya, jalur tersebut akan ditutup dua hari (Senin dan Selasa ), selama perbaikan," katanya, kemarin.

Sebelumnya, kata Sumawa, jembatan itu hanya dilapisi pelat dan gorong-gorong kecil. Sehingga, mudah ambrol dan menyumbat saluran air. Jembatan itu statusnya milik Pemrov Bali karena berada di jalur provinsi. Pejabat ini berharap, perbaikan bisa segera rampung. Sebab, penutupan jalur ini akan berdampak pada perjalanan wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata Tanah Lot.

Dijelaskan, penutupan jalur mulai simpang empat Nyanyi dan diarahkan memutar melewati Pandak Bandung. Khusus bus pariwisata diarahkan melalui Kapal, Mengwi dan masuk dari arah Kediri, Tabanan. "Petugas juga sudah memasang tanda penutupan jalan," katanya. Akibat pengalihan jalur ini, jalan alternatif melewati Pandak Bandung langsung merayap. Sementara di simpang empat Nyanyi, tak sedikit pengendara motor yang kecele, lalu berbalik arah setelah melihat pengerjaan proyek.

Pengawas proyek Dinas PU Provinsi Bali, Putra Susila, menegaskan pihaknya hanya membutuhkan waktu sehari untuk menutup jembatan yang jebol. Kemarin, petugas memasang gorong-gorong beton (bok culvert), sekaligus mengeruk kedalaman jembatan menggunakan alat berat. "Kalau hanya memasang gorong-gorong, hari ini (kemarin-red) bisa rampung. Kecuali sekalian mengaspal minimal lima hari," tegasnya.

Pejabat ini memastikan, mulai Kamis (7/6) besok, jalur menuju ke Tanah Lot dari arah Badung sudah kembali normal. Selain jembatan Nyanyi, kata Putra, masih ada satu jembatan lagi yang akan dibongkar di jalur setempat. Kondisinya sama, ambrol dan menghalangi saluran air. Rencananya, pembongkaran jembatan ini akan dilakukan hari ini.


























Share this

Related Posts

Previous
Next Post »