Mulai September Identitas di Tiket KA Harus Sama dengan KTP

11:42
Rabu, 06/06/2012 10:39 WIB
 
Jakarta Percaloan tiket KA masih kerap terjadi di berbagai stasiun. PT KAI akan mencoba cara baru untuk membasmi calo tiket yaitu dengan mewajibkan nama penumpang sama dengan nama di KTP, mirip penumpang pesawat terbang.

"Ini untuk memberantas calo. Kalau sekarang kita sudah terapkan, tapi yang namanya berbeda kita peringatkan dulu," kata Kahumas Daops I PT KAI Mateta Rizalulhaq kepada detikcom, Rabu (6/6/2012).

Calo biasanya ikut antre tiket seperti penumpang biasa. Mereka kemudian memborong banyak tiket kereta ke berbagai tujuan. Meski ada nama penumpang tertera di tiket kereta, nama penumpang ini tidak pernah diperiksa petugas. Hal ini menjadi celah, sehingga para calo leluasa menjual tiket ke penumpang KA yang membutuhkan tiket dengan harga berlipat.

"Nanti pada 1 Sepetember nama di tiket harus sama dengan di KTP, kalau berbeda tiketnya akan hangus," kata Mateta.

Mateta mengatakan, nantinya keberangkatan kereta api di stasiun akan mirip dengan keberangkatan pesawat terbang, yaitu dengan menggunakan sistem boarding. Para penumpang yang hendak menaiki KA datang lebih dulu ke stasiun kemudian dilakukan pemeriksaan tiket dan barang bawaannya.

"Jadi nanti mirip naik pesawat ada sistem boardingnya, tiket dan KTP juga diperiksa," katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »