Kapolri: Polisi Dilarang Terima Setoran dari Biro Jasa

12:25


Jakarta - Kendati telah melakukan sapu bersih para pejabat di lingkungan Ditlantas Polda Metro Jaya dan Jawa Timur yang terindikasi menerima suap dari biro jasa, namun Kapolri Jenderal Sutarman tetap membiarkan biro jasa tetap beroperasi.

"Benar, kita memang sedang bertekad membersihkan para direktur lantasnya, wakil direkturnya, dan perangkatnya," kata Sutarman pada Beritasatu.com Sabtu (3/5).

Orang nomor satu di tubuh korps baju coklat itu lebih memilih mengoreksi bawahannya dibandingkan mengeluarkan pelarangan terhadap biro jasa.

"Boleh saja biro jasa tetap beroperasi, yang penting tidak ada lagi setoran pada anggota saya," imbuhnya. Namun ia tidak menjelaskan bagaimana mekanisme pengaturan boleh beroperasi tapi asal tidak setor itu.

Seperti diberitakan, meski tidak sampai menyeretnya ke masalah pidana, Polri akhirnya bertindak menindaklanjuti dugaan suap bernilai ratusan juta yang disetor para biro jasa, yang terjadi di lingkungan Ditlantas Polda Metro Jaya dan Jawa Timur.

Dua pimpinan lalu lintas di kedua provinsi tersebut dimutasi sebagai tindak lanjut dari operasi pengamanan internal (Paminal) Polri, yang menemukan mereka menerima uang setoran dari biro jasa.

Personal yang diganti adalah Dirlantas Polda Metro Kombes Nurhadi Yuwono dan Dirlantas Polda Jatim Rahmat Hidayat.

Keduanya kini menempati posisi baru sebagai analis kebijakan madya bidang PJR Korlantas Polri, melalui Telegram Kapolri nomor 329 tertanggal 2 Mei 2014.

Nurhadi digantikan oleh Kombes Restu Mulya Budiyanto, yang semula berdinas sebagai Karosarpras Polda Kaltim. Sedangkan Rahmat diganti Kombes Verdianto Iskandar, yang semula berdinas sebagai Karo Ops Polda Sulteng. Restu dan Verdianto punya background sebagai Brimob.

Yang lainnya adalah Wadirlantas Polda Metro AKBP Sambodo Purnomo, yang juga disapu jauh hingga dimutasi sebagai Pamen Polda Maluku. Posisinya diisi AKBP Bakharuddin Muhammad Syah, yang sebelumnya duduk sebagai Kapolres Pati.

Lalu Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Kasubditregident) Ditlantas Polda Metro AKBP Latif Usman juga dimutasi sebagai Pamen Polda Maluku Utara.

Kompol Iwan Saktiadi Kasi BPK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro, dimutasi sebagai Pamen Polda Sultra.

Kompol Adi Benny Cahyono Kasi Subdit Regident Ditlantas Polda Metro juga kebagian dimutasi sebagai Pamen Polda Papua.

Yang lainnya, Wadirlantas Polda Jatim AKBP Agus Santosa dimutasi sebagai Pamen Polda NTT.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Ade Safri Simanjuntak dimutasi sebagai Pamen Polda Papua.

Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Jatim Kompol Ahrie Sonta Kasi dimutasi sebagai Pamen Polda Sulteng.

Dan Kasi STNK Subditregident Ditlantas Polda Jatim Kompol Ronny Tri Prasetyo Nugroho juga dimutasikan sebagai Pamen Polda Gorontalo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »