Jadwal Baru KRL Mulai Desember 2012

12:24
Dalam waktu dekat ini, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KJC) akan menerapkan jadwal baru perjalanan kereta. Hal ini dilakukan karena ada penambahan perjalanan yang semula 467 menjadi 531 perjalanan setiap hari.

Tapi perubahan jadwal atau pola perjalanan yang bertujuan untuk penyederhanaan rute untuk mengurangi overlapping perlu disosialisasikan lebih lama.

Jadwal baru KRL akan diberlakukan mulai diujicoba pada mulai tanggal 1 sampai 4 Desember 2011. Senin, 5 Desember 2011, seluruh jadwal akan resmi diberlakukan.

Kereta dari Serpong yang biasanya sampai Manggarai, nantinya hanya akan sampai Stasiun Tanah Abang, dan kembali lagi ke Serpong.

Jadi, penumpang yang akan menuju ke Sudirman dan Manggarai, harus ikut kereta dari Jatinegara yang akan menuju Bogor. Sementara kereta dari Tangerang yang biasanya ke Kota, hanya akan sampai Stasiun Duri.

Kemudian untuk kereta dari Bekasi ke Kota yang biasanya akan melewati Stasiun Senen dan Kemayoran, sekarang sudah tidak ada lagi. Khusus dari Bekasi, hanya ada kereta ke Kota melalui Manggarai.

Kereta dari Bogor dan Depok nantinya ada dua rute, yaitu Bogor-Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Kemayoran - Jatinegara PP, dan Bogor - Depok - Manggarai - Cikini - Kota PP. 

Hanya saja jumlahnya akan lebih banyak yang ke Jatinegara. Para penumpang yang akan ke Kota siap-siap transit di Manggarai, dan naik KRL dari Bekasi.

Kereta jurusan Tangerang - Kota hanya sampai Stasiun Duri dan belum bisa dipastikan kelancaran transitnya. "Semoga masih ada kebijaksanaan. Kereta mengemban amanah untuk melayani masyarakat dengan baik." Ujar Mamat, pengguna kerata asal Tangerang.

Dalam perubahan ini, PT KCJ memangkas 37 rute yang ada menjadi enam rute. Ini dilakukan agar tidak terjadi lagi crossing (persilangan) yang mengakibatkan antrean dan memakan waktu cukup lama.

Adapun enam rute yang efektif beroperasi yaitu rute 1 melintas Bogor-Manggarai-Tanah Abang-Duri-Jakarta Kota-Jatinegara. Rute 2 melintas Parung-Panjang-Serpong-Tanah Abang. Kemudian Rute 3 melewati Tangerang-Duri. Rute 4 melintas Tanjung Priok-Jakarta Kota.

Rute 5 melintas Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota, dan 6 Bogor- Manggarai-Jakarta Kota. "Rute untuk lintas Bogor ditambah mengingat penumpang untuk jurusan ini paling besar," terang dia.

Kereta tujuan stasiun Kota hanya berhenti di stasiun Manggarai. Setelah itu penumpang yang ingin menuju Kota, Tanah Abang, Bekasi dan lainnya berganti kereta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »