603 Km Jalan Belum Beraspal

16:04

SUKABUMI, – Infrastruktur jalan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terbilang jelek. Betapa tidak, dari sepanjang 1.580 kilometer jalan, sekitar 603 km belum di aspal, masih berbatu dan tanah. Sisanya, ruas jalan kabupaten sudah beraspal.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Acu Sofyan, menjelaskan sebagian besar jalan yang masih berbatu dan berupa tanah berada di daerah perbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Banten. Sofyan berharap pada 2012, jalan berbatu tersebut bisa beraspal.
Menurut Sofyan, pada tahun ini alokasi dana pembangunan infrastruktur sebesar delapan persen dari APBD atau mencapi mencapai Rp 100 miliar. Tahun sebelumnya hanya mencapai sebear Rp 82 miliar.

“Mudah-mudahan dengan adanya kenaikan alokasi anggaran, beberapa ruas jalan rusak bisa diperbaiki,” jelas.

Di tempat terpisah, Anggota Badan Anggara, DPRD Kabupaten Sukabumi, Hendar Darsono menuturkan tahun ini pembangunan infrastruktur jalan menjadi skala prioritas.
Menurut Hendar, pemkab seharusnya melakukan beberapa upaya. Salah satunya mengusulkan untuk menaikan status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi atau jalan nasional. Dengan begitu, tanggungjawab pemeliharan atau perbaikan akan beralih sehingga akan meringankan beban daerah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »