Belasan Kilometer Jalan Rusak Akibat Banjir

10:23
Martapura - Banjir yang melanda Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, merusak jalan kabupaten hingga belasan kilometer di beberapa wilayah kecamatan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Banjar Muhammad Hilman di Martapura, Kamis, mengatakan, kerusakan ruas jalan kabupaten itu akibat genangan air maupun tergerus gelombang dari genangan tersebut.

"Panjang jalan yang rusak diperkirakan mencapai belasan kilometer dengan tingkat kerusakan cukup parah, karena bagian aspal terkelupas akibat terendam dan tergerus air," ujarnya.

Disebutkan sejumlah ruas jalan kabupaten yang rusak diantaranya Jalan Martapura Kota menuju Bincau yang panjang kerusakan mencapai 3,5 kilometer, kemudian Jalan Tunggul Irang hingga Jalan Melati 6 kilometer.

Di Kecamatan Astambul, kerusakan jalan tersebar pada beberapa titik seperti Jalan di Desa Kaliukan menuju jalan raya Astambul rusak karena aspal jalan terendam dan tergerus air sepanjang 400 meter.

Selain itu, ruas Jalan Raya Astambul menuju Desa Kelampayan sepanjang 500 meter juga terendam sehingga permukaan aspal terkelupas karena gelombang air menggerus badan jalan.

"Kerusakan terjadi karena badan jalan seolah berubah menjadi tanggul sehingga begitu genangan air menjadi gelombang maka merusak permukaan aspal hingga terkelupas," ungkapnya.

Selanjutnya, badan jalan di Desa Kelampayan menuju Desa Kaliukan sepanjang 5 kilometer juga terendam dan rusak dengan ketinggian air mencapai 40 centimeter sehingga mengganggu lalu lintas di kawasan itu.

Dari Desa Kaliukan menuju Desa Pematang Danau, ketinggian air mencapai setengah meter merendam ruas jalan itu sepanjang 5 kilometer termasuk jalan raya Astambul menuju Pasar Astambul sepanjang 3,6 kilometer terendam.

Dikatakan, pihaknya masih mendata sejumlah ruas jalan kabupaten yang terendam dan dipastikan mengalami kerusakan karena badan jalan dan aspal terkelupas akibat genangan air.

"Soal kerugian, kami belum memperhitungkan karena masih mendata ruas jalan kabupaten mana saja yang rusak sehingga bisa diperbaiki apabila genangan air sudah hilang," ujar hilman.

Sejauh ini, banjir yang melanda Kabupaten Banjar merendam enam kecamatan yakni Astambul, Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, Martapura Kota dan Kecamatan Karang Intan.

Jumlah desa yang terendam dari enam kecamatan itu sebanyak 89 desa dengan jumlah kepala keluarga yang rumahnya tergenang air dengan ketinggian bervariasi sebanyak 10.029 atau 34.998 jiwa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »