Tips Aman Berkendara Dengan Sepeda Motor

14:33
1. Siapkan Sepeda Motor Anda.
Jangan berperang dengan pedang yang rusak makanya periksa motor anda sebelum mulai berkendara kalau ada suku cadang yang perlu diganti, jangan menunggu, gantilah kalau ada yang perlu diperbaiki, langsung perbaiki jangan pernah menganggap enteng masalah-masalah yang ditemukan karena bukan cuma akan mengganggu proses perjalanantapi juga bisa membahayakan keselamatan.


2. Gunakan Pelindung Diri.
Entah itu helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dll jangan pernah tidak peduli dengan penggunaan hal-hal tersebut anda tidak pernah tau, bagian tubuh mana yang akan cidera saat terjadi kecelakaan dan anda tidak pernah tau kapan kecelakaan akan terjadi jadi. Lindungi diri anda dari kepala sampai kaki.


3. Berusahalah untuk Gampang Terlihat.
Pakailah perlengkapan yang gampang terlihat lebih baik lagi bila bisa merefleksikan cahaya (flourescent) begitu juga dengan warna dari bagian-bagian motor ini akan membantu anda untuk gampang terlihat oleh pengguna jalan lain.


4. Jaga Jarak.
Selalu jaga agar ada jarak aman di sekeliling motor, bukan cuma utk menjaga bila kendaraan di depan dan di sekeliling tiba-tiba berhenti tapi juga untuk menghindari road hazzard yg tiba-tiba muncul karena sebelumnya tak terlihat.


5. Bersiap Menghadapi Kecelakaan.
Setiap kali berkendara, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk kecelakaan dengan konsep ini, anda akan lebih berhati-hati dan akan berkendara secara defensif. Berhatilah di setiap belokan, persimpangan, lalu lintas dari arah berlawanan dan tempat-tempat ramai yang dilewati (pasar, sekolah, dll).


7. Bila Mungkin, Hindari Berkendara di Malam Hari.
Ya betul, di siang hari saja, motor relatif lebih sulit terlihat apalagi di malam hari.


8. Ride Your Own Ride.
Jangan coba berkendara untuk gaya-gayaan, jangan juga untuk membuat orang terkagum-kagum, sadari kemampuan diri dan selalu ingat untuk memprioritaskan keselamatan bukan yg lain.


Jangan pernah berhenti berusaha berkendara dng santun, tertib, aman dan nyaman kampanyekan terus cara-cara berkendara yang lebih defensif dan elegan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »