Headlines News :
Home » » Semarak Pameran Lukisan Polisi

Semarak Pameran Lukisan Polisi

Written By NTMC on Rabu, 15 Februari 2012 | 22.19



Kabar gembira bagi kita semua, terutama bagi para pelaku dan penikmat seni. Polda Metro Jaya telah resmi membuka Pameran Lukisan Polisi di Mini Atrium Mall Gandaria City. Pameran digelar mulai tanggal 14 hingga 19 Februari 2012, bekerja sama dengan Gloss Creation to Innovation dan Mall Gandaria City.

Festival Seni Polisi bertajuk Pameran Lukisan ini digelar dalam rangka revitalisasi pemolisian masyarakat yang merupakan suatu bagian dari kemampuan Polri dengan memberdayakan potensi dalam membangun dan memelihara keteraturan sosial.

 

Seperti diutarakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs. Untung S Rajab, Drs, SH, salah satu unsur yang dapat menjadi bagian pendukung dari revitalisasi adalah seni. Seni akan mampu mendukung kreativitas dalam memberdayakan potensi. Seni dalam pemolisian merupakan suatu bagian dari kemampuan polisi memberdayakan potensi-potensi yang serba terbatas dengan cita rasa yang tinggi dalam membangun dan memelihara keteraturan sosial.


Festival seni ini bertajuk pameran lukisan, yang sebelumnya diawali oleh perlombaan lukisan bagi anggota polisi seluruh Indonesia, baik yang masih aktif maupun yang telah purna. Perlombaan ini sendiri telah mulai berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Uniknya, perlombaan ini pun memiliki keaneragaman baik itu dari sisi tema, media tempat melukis, maupun alat yang digunakan untuk melukis. Dari Lukisan para anggota Polisi yang dipamerkan, ada yang melukis diatas kertas gambar, canvas, bahkan di atas kaca, dan alat lukis yang digunakanpun variatif, dimana ada yang menggunakan pensil warna, krayon, cat air, dan cat acrilic.


 Semua karya yang dipamerkan merupakan lukisan anggota Polisi yang mengikuti  lomba, yang telah melalui proses penyeleksian oleh tim juri yang diketuai oleh pelukis kenamaan Cak Kandar.  Sistem penilaian dilihat dari sisi tema lukisan, komposisi warna, tekhnis melukis, dan tingkat kesulitan.

Hasilnya, empat pemenang telah didapat. Juara pertama disabet oleh PNS Heri Cahyono, S.Pd, kesatuan Pusinafis Mabes Polri, dengan tema lukisan "Sebuah Eksistensi". Pertimbangan penilaiannya adalah pelukis mencoba menerjemahkan bagaimana institusi POLRI terus berupaya membawa dirinya menuju suatu kondisi yang lebih baik lagi. Berbagai halangan dan rintangan digambarkan dengan simbol-simbol yang pas seperti kawat berduri, api yang membara. Sandal jepit yang bisa diartikan sebagai kesederhaan. Mereka kompak menegakkan POLRI sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.



Adapun teknik melukisnya juga telah memenuhi persyaratan sebagai seorang pelukis. Teknik dan estetik bisa dikuasai. Hal ini terlihat dengan bisa tercapainya apa yang menjadi gagasan dan mampu dilaksanakan secara indah.


 
Selanjutnya, lukisan yang menduduki juara kedua adalah karya Briptu Indra Sulistiyo dari Sat Lantas Polda Sumbar dengan tema "Hutan Ku Sayangku". Di peringkat ketiga ada lukisan karya H. Winta, seorang purnawirawan, dengan tema "Mahabarata". Dan terakhir, yang menjadi juara harapan adalah lukisan karya Akp. H. Sutarman, anggota Polair Polda Metro Jaya, dengan tema "Runtuhnya Angkara Murka".




Dan kini, seluruh karya yang telah memenuhi syarat dan ketentuan perlombaan, sebanyak 78 lukisan, termasuk keempat pemenang tersebut, telah dipamerkan di Mini Atrium Mall Gandaria City. "Terima kasih kepada pengelola mall Gandaria City, yang telah menyediakan ruang pameran lukisan, sehingga karya-karya anggota Polisi ini bisa dipamerkan kepada masyarakat luas," ungkap Direktur Binmas Polda Metro Jaya Drs. Yosi Hariyoso, selaku ketua Panitia Pameran Lukisan.

"Ada 78 lukisan yang kita pamerkan. Semua lukisan adalah karya anggota Polisi dari seluruh Indonesia. Para pelukis pun mewakili semua strata kepangkatan, ada dari PNS, Bintara, Perwira Pertama, Perwira Menengah, hingga Perwira Tinggi. lukisan yang dipamerkan memiliki keanekaragaman, baik dari sisi tema, media melukis, serta alat yang digunakan," jelas Drs Yosi, saat membuka pameran.

Selanjutnya, silahkan bagi Anda semua, baik itu anggota Polri maupun masyarakat umum, untuk menikmati karya-karya terbaik putra dan putri bangsa ini. Dan semoga, karya-karya indah ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.














Share this article :

0 komentar:

Arsip Berita

PENERIMAAN POLRI 2014

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger