Uji Coba Contra Flow Dilanjutkan

12:22
Jakarta-Uji coba kontra arus atau contra flow di ruas Tol Dalam Kota dari arah Cawang menuju Semanggi dilanjutkan. Keputusan itu diambil setelah Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga melakukan rapat koordinasi.

Direktur Lalu Lintas Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, mengatakan uji coba dilakukan hingga enam hari ke depan.

"Kami laksanakan selama 14 hari, ini kan baru hari ke-8 uji coba, masih ada enam hari ke depan. Mudah-mudahan tidak ada kendala," kata Sigit, Kamis 10 Mei 2012.

Rencana contra flow diberlakukan selama satu tahun hingga pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta ruas Ulujami-Kebon Jeruk atau JORR W2 selesai. Tapi hal itu akan dibicarakan dalam rapat evaluasi tahap dua setelah uji coba selesai.

Sesuai rencana awal, contra flow dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB hari Senin sampai Jumat. Jalur kontranya sendiri berada di kilometer 03+050 hingga 8+600 atau tepat di depan Bank Bukopin hingga Taman Ria, Senayan.

"Hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah atau kalau cuaca hujan tidak ada contra flow," kata dia.

Dia mengungkapkan petugas sudah diminta untuk meningkatkan disiplin agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas mengingat kontra arus rawan tabrakan.

Sigit mengakui sistem ini memang tidak bisa mengurangi kemacetan di dalam tol 100 persen, tetapi bisa menarik kendaraan ke jalur lainnya agar tidak semakin padat. Selama sepekan uji coba contra flow, kendaraan bisa tertarik sebanyak 20 persen dan itu sesuai dengan yang diperkirakan sebelumnya.

Kepala Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Yakub Dedy Karyawan, menambahkan selama uji coba terjadi kenaikan kapasitas jalan dengan grafik yang terus menanjak terhadap volume harian rata-rata kendaraan yang melintasi Tol Cawang-Semanggi yaitu sebesar 1,3 persen perhari.

Bila dibandingkan dengan kondisi sebelum dilakukan ujicoba, maka telah terjadi peningkatan kapasitas jalan sebesar kurang lebih 29 persen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »